• Gaya Hidup

Upss, Kebiasaan Ini Bikin Gaji dan Bonus Cepat Ludes

Syafira | Senin, 11/05/2020 18:45 WIB
Upss, Kebiasaan Ini Bikin Gaji dan Bonus Cepat Ludes Ilustrasi belanja (foto : idntimes)

Beritakaltara.com – Tentu senang ketika gaji sudah berada ditanganmu apalagi ditambah dengan bonus dari kerja keras dari bekerja. Sudah terbayang rentetan belanjaan yang sudah kamu idamkan dari kemarin.

Segera singkirkan euforia tersebut yang dapat membuatmu lupa diri. Segera susun pengeluaranmu dengan tepat untuk masa depanmu.

Mungkin kamu tidak berpikir secara bijak dalam menggunakan uang sehingga tiap bulan selalu saja tidak dapat menabung. Parahnya, tetap saja merasa kurang dari berapapun penghasilan yang kamu terima.

Kebiasaan-kebiasaan ini yang sering dilakukan sehingga penghasilanmu ludes tanpa sisa :

Makan mewah

Ketika memiliki uang adalah saat yang paling menyenangkan karena kamu merasa bisa menghadiahi diri sendiri, termasuk dalam menyenangkan lidah. Makan enak sih boleh saja, tapi jangan terlalu sering. Jika terus-menerus memesan makanan mahal, tentu saja belum sampai akhir bulan penghasilanmu akan habis. Coba deh kamu membuat makananmu sendiri, selain hemat tentunya lebih sehat.

Shopping

Jaman sekarang untuk berbelanja dapat dilakukan dimana saja. Tidak hanya di mall saja tapi juga dapat melalui belanja online. Banyak barang-barang baru yang kamu sukai dijual dengan memberikan diskon. Tetapi setelah kamu total belanjamu melebihi dari perkiraanmu.

Sebenarnya belanja online ini lebih riskan karena kamu dapat melihat banyak barang yang membuat kamu tertarik. Bila dibiarkan, tanpa disadari kamu akan kerajingan berbelanja yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Menggunakan kartu kredit

Bila kamu belum dapat mengatur keuangan dengan baik, sebaik hindari memiliki kartu kredit. Kamu akan ketergantungan pada saat menggunakannya karena saat mulai memakai kartu kredit kamu tidak perlu mengeluarkan uang tunai.

Hati-hati, kartu kredit ini ada bunga yang harus kamu keluarkan dari jumlah dana yang kamu pakai. Ini harus diwaspadai karena biasanya orang tidak memperhitungkan atas bunga dari kartu kredit tersebut. 

Meminjam kredit secara online

Seperti diketahui, meminjam sejumlah dana melalui kredit secara online sangat riskan dan memiliki bunga yang besar. Jika dibiarkan, bisa saja bunga yang harus kamu bayarkan akan lebih besar daripada pinjamanmu sendiri.

Akan sulit bagimu bila sudah telilit hutang seperti ini. Gajimu akan terkuras hanya untuk membayar cicilan. Hal ini akan memberatkanmu sendiri pada akhirnya terlebih jika jumlah gaji tidak terlalu besar.

 

Guys, Segeralah kamu hentikan kebiasaan menghambur-hamburkan uang. Kamu harus dapat menyisihkan dana untuk tabungan masa depanmu. Bila kebiasaan ini dibiarkan maka kamu akan makin sulit dikemudian hari apalagi bila kamu sudah berkeluarga.

Mulailah dengan menyusun pengeluaran dengan benar. Prioritaskan yang menjadi kebutuhan utama kemudian sisihkan juga untuk tabungan. Berusahalah selalu bijak dalam menggunakan uang walaupun penghasilanmu besar

Keywords :

FOLLOW US