• Kalimantan Utara

Gubernur Ingatkan Untuk Tulus Ber-kurban

| Senin, 27/07/2020 19:10 WIB
Gubernur Ingatkan Untuk Tulus Ber-kurban Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie saat menyerahkan secara simbolis hewan kurban Gubernur Kaltara Tahun 1441 H/2020 M di Masjid Al-Ma’arif, Kota Tarakan, Minggu (26/7). Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan di Masjid Agung Istiqomah, Tanjung Selor pada Sabtu (25/7). Foto: Humas Provinsi Kaltara

Beritakaltara.com – Tak berubah. Tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Gubernur Dr H Irianto Lambrie kembali menyalurkan bantuan hewan kurban untuk masjid, lembaga dan lainnya dalam rangka merayakan Iduladha 1441 Hijriah/2020 Masehi.

Adapun sumbangan hewan kurban tahun ini untuk dibagikan, yakni yang berasal dari dukungan dana Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Kaltara sebanyak 49 ekor, Panitia Hari Besar Islam Pemprov Kaltara 6 ekor, ditambah 1 ekor sapi bantuan Presiden RI Joko Widodo.

“Untuk tahun ini, Sapi Presiden seberat 900 kilogram diserahkan kepada pengurus Masjid Agung Istiqomah, Tanjung Selor, Bulungan,” kata Gubernur saat melakukan penyerahan secara simbolis hewan kurban Gubernur Kalimantan Utara Tahun 1441 H/2020 M di Masjid Al-Ma’arif, Selumit, Kota Tarakan, Minggu (26/7).

Khusus Kota Tarakan, tahun ini Pemprov Kaltara memberikan bantuan 12 ekor Sapi Qurban. Di antaranya, untuk Masjid Al-Ma’arif Selumit, Masjid Al-Miftah Kampung 1, Masjid Jusuf SK Bandara Juwata Tarakan, Forum Komunikasi Perempuan Tidung, Lapas Kota Tarakan, dan lainnya.

“Seperti tahun sebelumnya, bantuan hewan kurban Gubernur Kaltara ini disampaikan ke seluruh kabupaten dan kota di Kaltara,” ungkap Irianto.

Disebutkan Gubernur, sedianya, tak ada kesulitan dalam ber-kurban asal ada niat dan keikhlasan. “Ber-kurban adalah sunah muakad, dan sangat dianjurkan untuk berkurban sekali seumur hidup.

Dengan niat tulus kita ber-kurban, maka keberkahan dari Allah SWT akan ditambah. Ber-kurban bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Manusia yang mendekatkan diri kepada Allah SWT akan didengarkan doanya,” ucap Gubernur.

Pada kesempatan itu, Irianto juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltara untuk tetap waspada dan disiplin laksanakan protokol kesehatan dalam rangka menangani Covid-19.

“Di Kaltara sendiri, Tarakan merupakan daerah yang paling rawan. Dari itu, di masjid atau rumah ibadah lainnya, tetap jaga jarak, pakai masker, sering cuci tangan. Minimal seminggu atau sebulan sekali dilakukan disinfektan,” ungkap Gubernur.

“Terakhir, saya atas nama pribadi, Gubernur dan Pemprov kaltara serta  keluarga saya mengucapkan selamat merayakan Iduladha 1441 Hijriah/2020 Masehi. Mohon maaf lahir dan batin,” timpalnya.

Sebelumnya, Gubernur membagikan hewan kurban kepada pengurus masjid di Kaltara, secara simbolis di Masjid Agung Istiqomah, Tanjung Selor, Bulungan, Sabtu (25/7). Persisnya, sebanyak 54 ekor sapi dibagikan. Satu ekor diantaranya adalah sapi kurban dari Presiden Jokowi.

Gubernur secara pribadi juga menyerahkan sapi yang beratnya 850 kilogram secara simbolis ke pengurus masjid Al Khaff, Kampung Arab, Tanjung Selor. Lalu 54 ekor lainnya juga dibagikan secara simbolis.

Yaitu 14 ekor ke sejumlah masjid/langgar di Tanjung Selor, 5 ekor ke Tanjung Palas, 2 ekor ke Tanjung Palas Utara, 1 ekor ke Sekatak, 2 ekor ke Tana Tidung, 3 ekor ke Kabupaten Malinau. Ke Lumbis dan Simanggaris juga disalurkan masing-masing 1 ekor, 4 ekor di Nunukan,  2 ekor di Sebatik, 12 ekor ke Tarakan, dan 2 ekor ke Bunyu.

Gubernur juga meminta, panitia kurban pada saat salat Iduladha dan penyembelihan nanti memperhatikan betul penerangan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan.

“Kepada masyarakat umum yang berkurban, perhatikan betul kesehatan hewan kurbannya. Harus sehat, tidak cacat, dan cukup umur, baik itu domba minimal berumur setahun atau lebih, kambing minimal berumur 2 tahun atau lebih, dan sapi minimal 3 tahun atau lebih,” ujarnya.

Ia mengapresiasi masyarakat yang telah berkurban tahun ini. Termasuk kepada ASN dan OPD Pemprov Kaltara yang sudah berinisiatif melakukannya. Ia berharap masyarakat semakin solid. ASN juga demikian, menumbuhkan rasa persaudaraan, rasa saling peduli, dan ingin berbagi.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US