• Bisnis

Bisa Diandalkan, Potensi Kelautan dan Perikanan RI 1,3Ttriliun Dolar AS

Fadli | Sabtu, 22/08/2020 08:29 WIB
Bisa Diandalkan, Potensi Kelautan dan Perikanan RI 1,3Ttriliun Dolar AS Ilustrasi

Beritakaltara.com - Indonesia memiliki kekayaan luar biasa di sektor kelautan dan perikanan. Potensi ekonomi di sektor tersebut mencapai lebih dari 1,3 triliun dolar AS per tahun.

"Ini potensi yang besar. Nilai strategis adalah peluang yang bisa mendatangkan nilai ekonomi. Potensi ini adalah modal dasar pembangunan Indonesia," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam keterangannya Jumat (21/8/2020).

Menurut Edhy, potensi tersebut terdapat di 11 sektor. Yakni perikanan tangkap yang memiliki potensi 20 miliar dolar/tahun, perikanan budidaya 210 miliar dolar/tahun, dan industri pengolahan 100 miliar dolar/tahun.

Kemudian, industri bioteknologi 180 miliar dolar/tahun, energi dan sumber daya mineral (garam) 210 miliar dolar/tahun, pariwisata 60 miliar dolar/tahun, dan transportasi 30 miliar dolar/tahun.

Selanjutnya, industri dan jasa maritim 200 miliar dolar/tahun, kehutanan kawasan pesisir 8 miliar dolar/tahun, sumber daya wilayah pulau-pulau kecil 120 miliar dolar/tahun, dan sumber daya nonkonvensional 200 miliar dolar/tahun.

Atas potensi tersebut, Edhy menegaskan sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi andalan bagi perekonomian Indonesia. Apalagi potensi serapan lapangan kerja bisa mencapai 45 juta orang atau 40 persen dari total angkatan kerja Indonesia.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US