• Kalimantan Timur

Gerak Cepat Pemprov Kaltim Bantu Pulangkan Warga Terdampak Konflik Sudan

Fadli | Jum'at, 05/05/2023 13:21 WIB
Gerak Cepat Pemprov Kaltim Bantu Pulangkan Warga Terdampak Konflik Sudan Gerak Cepat Pemprov Kaltim Bantu Pulangkan Warga Terdampak Konflik Sudan

Beritakaltara.com - Enam Warga Kalimantan Timur (Kaltim) terdampak konflik berkepanjangan yang terjadi di Negara Sudan telah dievakuasi dan tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan, Jum’at (05/10) pukul 11.30 WITA. Setelah sebelumnya ditempatkan di Kantor Penghubung di Jakarta.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim menyambut langsung kedatangan sejumlah warga Bumi Etam tersebut. Keenam warga yang tiba diketahui merupakan mahasiswa yang tengah menimba ilmu di Negara yang terletak di Timur Laut Benua Afrika itu. Sedangkan, satu orang lainnya merupakan pekerja swasta di Kota Balikpapan.

Terkait adanya situasi di Sudan, pemerintah dengan sigap bergerak cepat untuk mengevakuasi dan mendampingi para WNI yang berada disana. Koordinasi dikerahkan baik di pusat hingga daerah.

“Sesuai dengan arahan dari Kemendagri kita diminta untuk memfasilitasi kedatangan serta kepulangan mereka sampai ke rumah masing-masing. Hari ini kita sambut kedatangan mereka,dan kita terimakan kepada orang tua atau keluarga yang sudah menunggu, ” jelas Hadi.

Hadi pun menambahkan kondisi psikis dan kesehatan para warga Kaltim terpantau baik dan sehat. Mantan legislator senayan tersebut turut menemui sejumlah keluarga WNI yang telah menanti sejak pagi.

“Alhamdulillah kondisi mereka semua sehat dan baik-baik saja. Pemerintah akan terus bantu dan dampingi. Terkait studi, nanti bisa dilihat aturannya karena kan dari luar negeri. Pokoknya sesuai dengan aturan yang ada. Semua akan dibantu dan kita akan proses secara adil. Semua untuk kepentingan warga Kaltim tentunya, ” pungkasnya.

Lebih lanjut Wagub Hadi juga berterimakasih dengan seluruh pihak yang telah membantu evakuasi hingga kepulangan warga Kaltim ini. (sef/pt)

*Untuk diketahui, adapun daftar warga/mahasiswa Kaltim yang telah dipulangkan yaitu:

1. Tika Hamidah – (International University of Africa) Asal kota Samarinda-Kaltim.
2. Muhammad Irham – (International University of Africa) Asal Samarinda-Kaltim.
3. Mariati Maulida – Semester 5 (International University of Africa) Asal Samarinda-Kaltim.
4. Qurrotul Aini Mufidah – Semester 7 (Internasional University of Africa) Asal Tanah Grogot, Paser – Kaltim.
5. Ahmad Rauf – Semester 7 (International University of Africa) Asal Babulu, PPU – Kaltim.
6. Yosafat Nugraha Aji Pratama– Staf Indomie Khartoum (kloter 2) Asal Balikpapan – Kaltim.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US