• Nusa Tenggara Timur

Jokowi Bangun Jalan di Labuanbajo Berstandar Nasional

Charles Siahaan | Sabtu, 12/09/2020 09:33 WIB
Jokowi Bangun Jalan di Labuanbajo Berstandar Nasional Menteri Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Wagub, Josef Nae Soi dan Bupati Manggarai Barat, Gusti Dulah menijau pembangunan Pelabuhan Wae Kelambu, Kamis (10/9).

beritakaltara.com--Presiden RI Joko Widodo telah memprogramkan pembangunan infrastruktur di Labuanbajo ibukota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur setelah ditetapkan menjadi destinasi wisata super premium. Salah satunya adalah pembangunan jalan dan jembatan berstandar nasional di Labuanbajo.

“Jalan dan Jembatan sudah kita programkan, sekitar 30 km dari sini (Labuanbajo Red) ke Tana Mori. Jalannya akan kita lebarkan sesuai dengan standar nasional. Pembangunan berlangsung selama setahun. Dipastikan mulai tahun 2021 dan 2022 selesai kita bangun," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di Labuanbajo, Kamis (10/9).

Menteri Basuki Hadimuljono berada di Labuanbajo mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan melakukan kunjungan kerja guna melihat langsung proses Pembangunan Terminal Multipurpose Pelabuahan Multi Purposed atau Multi Guna, Wae Kelambu, Labuanbajo.

Saat ini kata Basuki, juga sedang dibangun jalan penunjang untuk kelancaran distribusi logistik dari Pelabuhan Wae Kelambu menuju pusat Labuanbajo dan beberapa proyek infrastruktur lainnya.

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan mengaku kunjungan bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke Labuanbajo guna melihat langsung progres pekerjaan pembangunan Pelabuhan Wae Kelambu.

“Ini sangat luar biasa. Saya bersama pak Basuki datang untuk melihat pelaksanaan pembangunan pelabuhan ini. Semoga pasca selesainya pembangunan ini dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi yang signifikan di Manggarai Barat," kata Luhut.

Pembangunan Pelabuhan Wae Kelambu menggunakan dana APBN dengan total nilai Kontrak pekerjaan hampir mencapai Rp 173 miliar. Tujuannya sebagai terminal penunjang pelabuhan Labuanbajo yang ditargetkan selesai dibangun pada Desember tahun ini.

Di Labuanbajo, Luhut Pandjaitan dan Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Wagub, Josef Nae Soi dan Bupati Manggarai Barat, Gusti Dulah.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan sinergitas dalam pembangunan di seluruh wilayah Flobamorata sehingga masyarakat yakin bahwa negara hadir di NTT.

"Kami pastikan NTT tetap loyal terhadap Pemerintah Pusat serta mengapresiasi Bapak Presiden, Joko Widodo yang telah menetapkan Labuanbajo sebagai salah satu destinasi wisata super premium di Indonesia," katanya.

Ia menyebut Joko Widodo menjadi Presiden RI, Labuanbajo) kurang diminati namun setelah menjadi Presiden RI langsung menetapkan Labuanbajo sebagai destinasi wisata super premium.

"Kami turut berbangga juga sebagai Gubernur NTT. Selamat datang dan selamat menikmati alam indah NTT. Kami tak dapat membalas segala kebaikan pemerintah pusat akan tetapi kami tetap loyal dan taat kepada pemerintah pusat,"kata Viktor. (*/joy)

 

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US