• Ototekno

Indonesia Miliki Aplikasi Percakapan Lokal, Namanya Palapa

Asrul | Kamis, 24/09/2020 08:29 WIB
Indonesia Miliki Aplikasi Percakapan Lokal, Namanya Palapa Ilustrasi

Beritakaltara.com - Pengguna internet Tanah Air seyogyanya berbangga karena Indonesi saat ini telah memiliki aplikasi percakapan lokal bernama Palapa. Aplikasi ini dibuat oleh start up lokal Xecure IT, dengan tingkat keamanan tinggi.

Menurut pendiri XecureIT Gildas Deograt, pengembangan Palapa didasari Standar Arsitektur Keamanan Tingkat Tinggi Informasi (SAKTTI). Standar ini untuk mendukung norma baru bekerja dimana pun dan transformasi digital bagi korporasi maupun institusi pemerintah, serta sebagai platform membangun masyarakat atau Society 5.0.

Setelah melakukan proses penelitian dan pengembangan sejak 2009 secara berkelanjutan, pihaknya mendapatkan Sertifikasi Fasilitas dan Tipe Produksi dari Pusat Kelaikan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Puslaik Kemhan RI).

Aplikasi Palapa bisa diakses oleh pengguna Android, iOS, Linux, Windows, dan macOS.Aplikasi ini merupakan generasi baru dari aplikasi PeSankita Indonesia (PS) yang telah digunakan secara luas di kalangan yang paham dan peduli dengan keamanan dan privasi. Palapa dirancang dan dibangun dengan fungsi dasar anti hijacking, secure chat, secure voice/video call, dan penyimpanan data terenkripsi.

Tokoh internet Indonesia Onno W. Purbo menyatakan, pentingnya bagi Indonesia sebagai negara yang besar untuk memiliki dan mengembangkan aplikasi percakapan lokal buatan dalam negeri.

“Dengan bersama-sama menggunakan aplikasi lokal, kita dapat mewujudkan perlindungan data pribadi, akselerasi ekonomi digital, ketahanan nasional dan kedaulatan siber Indonesia secara bersamaan,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (23/9/2020).

Oleh karena itu, ia pun mendorong inisiasi dan riset khusus untuk mengembangkan aplikasi percapakan lokal.

Onno menyambut baik diperkenalkannya Palapa, yang dilengkapi berbagai modul seperti fitur tanda tangan elektronik dan secure data exchange.

“Ini merupakan solusi platform digital nasional bagi tantangan mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) dan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), serta Perhitungan Elektronik Pilkada maupun Pilpres yang membutuhkan integritas sangat tinggi,” kata Onno.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US