• Bisnis

2019, Piutang Negara Capai Rp297 Triliun

Fadli | Senin, 12/10/2020 18:11 WIB
2019, Piutang Negara Capai Rp297 Triliun Ilustrasi Uang Rupiah (Sukabumi Update)Ilustrasi Uang Rupiah (Sukabumi Update)

beritakaltara.com - Sepanjang 2019, angka piutang negara capai Rp297,9 triliun. Angka ini cukup besar yang terdiri atas beberapa bagian.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, sebagian dari piutang adalah piutang yang tertagih dan dibayarkan secara rutin oleh yang bertanggung jawab atas piutang tersebut.

Sebagian piutang ada juga yang terakumulasi dari tahun-tahun sebelumnya dan belum bisa dibayarkan.

"Jadi, tepatnya Rp297,9 triliun itu gabungan dari piutang-piutang yang dibayar secara berkala sesuai dengan kesepakatan dan piutang yang juga beberapa saat tidak mendapatkan pembayaran dari yang berkewajiban," ujar Isa, Senin (12/10/2020).

Isa menjelaskan, piutang negara terdiri atas dua bagian, yaitu piutang dari perpajakan dan non perpajakan. Untuk angka piutang non perpajakan sekitar Rp166 triliun dan perpajakan sekitar Rp131 triliun.

"Yang non perpajakan ada beberapa yang tergolong dari piutang jangka panjang tapi akan jatuh tempo dalam 12 bulan ke depan, itu biasanya kita sebut bagian lancar dari piutang jangka panjang," kata dia.

"Kemudian, ada juga piutang-piutang dari BLU (Badan Layanan Umum), kemudian ada juga dari piutang beberapa lembaga atau instansi lain pemerintah yang tidak dapat dikategorikan Kementerian/Lembaga atau BLU," sambungnya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US