• Kalimantan Utara

Dulu Angkat Senjata, Kini Berjuang Lawan Corona

Charles Siahaan | Selasa, 10/11/2020 14:40 WIB
Dulu Angkat Senjata, Kini Berjuang Lawan Corona Pjs Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi saat menjadi Irup Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun. (Foto: Humas Kaltara)

Beritakaltara.com – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Teguh Setyabudi menjadi inspektur upacara (Irup) Upacara Peringatan Pahlawan/" style="text-decoration:none;color:#228239;font-weight: 700;">Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020 di Lapangan Agatish, Tanjung Selor, Selasa (10/11) pagi.

Peringatan kali ini mengangkat tema, “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Pada kesempatan ini, Teguh yang membacakan pidato Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari P Batubara menekankan bahwa salah satu perjuangan yang menjadi kewajiban seluruh rakyat, termasuk di Kaltara saat ini adalah melawan pandemi Covid-19.

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemisikinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” ucapnya.

Lebih jauh, Pahlawan/" style="text-decoration:none;color:#228239;font-weight: 700;">Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap 10 November saja. Namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlu terus dikenang sepanjang masa.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,” jelasnya.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, Peringatan Pahlawan/" style="text-decoration:none;color:#228239;font-weight: 700;">Hari Pahlawan Tahun 2020 tetap berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia,” ujarnya.

Teguh juga berharap semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini. “Yakinlah, apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa,” katanya.

Di kesempatan ini, Teguh juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltara untuk berpartisipasi memperingati Pahlawan/" style="text-decoration:none;color:#228239;font-weight: 700;">Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

“Saya juga berharap masyarakat Kaltara bisa berkontribusi memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Kaltara yang mandiri, maju dan sejahtera. Dimana, peran pemuda-pemudi, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan diperlukan untuk berinovasi menyelesaikan bersama permasalahan yang ada di Kaltara untuk mengejar ketertinggalan dari provinsi-provinsi yang sudah maju,” harapnya.

Dari Agatish, Teguh mengikuti Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan di TMP Telabang Bangsa, Tanjung Selor. Bertindak selaku Irup, Kapolda Kaltara Irjen Pol. Bambang Kristiyono.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US