• Nasional

Azis Syamsuddin: Hari Nusantara Momentum Perkuat Potensi Bahari

Fadli | Minggu, 13/12/2020 12:11 WIB
Azis Syamsuddin: Hari Nusantara Momentum Perkuat Potensi Bahari Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin

Jakarta, beritakaltara.com - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengharapkan Hari Nusantara ditengah Pendemi  Covid-19 dapat dijadikan momentum dalam memberdayakan potensi bahari yang dimiliki bangsa Indonesia dalam meningkatkan dan pemulihan ekonomi nasional.
 
Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menjelaskan, potensi sumber daya kelautan Indonesia hampir senilai Rp3.000 triliun/tahun yang belum tergarap secara maksimal.
 
“Potensi alam dari hasil Laut belum dilihat sebagai sumber pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja, dan pemecah masalah kemiskinan. Hal ini menjadi momentum akan penguatan potensi wawasan dalam memperingati Hari Nusantara yang jatuh setiap tanggal 13 Desember diamanatkan melalui Keppres No. 126/2001,” kata Azis, kepada wartawan, Minggu (13/12).
 
Kata Azis, Indonesia memiliki kedaulatan penuh terhadap perairan antar-pulau yang masuk ke dalam United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS), Konvensi Hukum Laut 1982 dan diratifikasi menjadi UU Nomor 17 Tahun 1985, yang memiliki ZEE 200 mil laut dan lebar laut teritorial 12 mil. Selain itu, yang paling penting lagi antara pulau yang satu dengan pulau lainnya tidak ada perairan bebas atau perairan internasional.
 
“Dimana konsep _archipelago states_ telah diperjuangkan sejak 1957 sebagai Deklarasi Djuanda dan diperjuangkan oleh Menlu Mochtar Kusumaatmadja menjadi Konvensi Hukum Laut 1982 tersebut, serta penguatan kewilayahan laut Indonesia melalui UU No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan,” jelasnya.
 
Lebih lanjut, Azis menyampaikan, implementasi wawasan Nusantara adalah dengan memperhatikan prinsip politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan dan keamanan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.
 
Dimana, lanjut Azis, dalam menghadapi perkembangan geopolitik juga diupayakan tata kelola hubungan internasional negara-negara di Asia Pasifik dan upaya memantapkan Ketahanan Nasional Bangsa Indonesia.
 
"Upaya ini merupakan sebuah upaya kita dalam menggalakkan kemampuan bangsa menuju Indonesia maju dan mandiri serta menciptaka bangsa Indonesia sejajar dengan negara-negara maju di dunia dalam mencapai tujuan pembangunan nasional,” tutupnya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US