• Nasional

Bandara Soekarno Hatta Melalui PT Angkasa Pura II Buka Rapit Test Antigen

Asrul | Minggu, 27/12/2020 13:32 WIB
Bandara Soekarno Hatta Melalui PT Angkasa Pura II Buka Rapit Test Antigen Illustrasi: petugas medis Covid-19

Jakarta, beritakaltara.com - Bandara Soekarno Hatta melalui PT Angkasa Pura II membuka layanan tes Covid-19 yaitu rapid test antigen dan PCR bagi masyarakat umum yang dimulai pada tanggal 27 Desember 2020.

Director of Commercial PT Angkasa Pura Solusi Yundriati Erdani mengatakan kapasitas per hari Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum adalah 600 hingga 700 orang untuk tes dengan walk in service, dan 150 orang untuk tes skema drive thru.

"Sebelumnya, seluruh Airport Health Center hanya dipergunakan untuk calon penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan. Mulai besok, khusus Airport Health Center di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk melakukan tes covid-19," kata Yundriati Erdani.

Yundriati berharap layanan tes covid-19 ini dapat mendukung semakin banyaknya pelaksanaan testing covid-19 khususnya di wilayah sekitar bandara.

Airport Health Center berupaya mendukung pelaksanaan tes covid-19 bagi masyarakat umum di sekitar bandara. Di sisi lain, kami juga optimistis bahwa kebijakan ini tidak akan mengganggu pelaksanaan tes covid-19 bagi calon penumpang pesawat," ucap Yundriati.

Dengan dibukanya Airport Health Center di Terminal 1 bagi masyarakat umum, maka masih terdapat 6 titik Airport Health Center di Bandara Soetta khusus bagi calon penumpang pesawat untuk melakukan tes COVID-19.

Di mana, penambahan lokasi ini dilakukan guna mempercepat layanan tes covid-19 agar calon penumpang terhindar dari keterlambatan berangkat.

Pada 18-24 Desember 2020, calon penumpang pesawat yang melakukan rapid test antigen di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 40.000 orang.

Menurut Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi, angka tersebut termasuk cukup tinggi. Selain itu, penambahan jumlah titik lokasi layanan rapid test antigen ini dilakukan untuk mendorong kelancaran penerbangan domestik.

"Dan, yang cukup penting juga adalah pelaksanaan tes covid-19 berjalan lancar dan sama sekali tidak mengganggu jadwal penerbangan," katanya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US