• Nasional

Joe Biden: AS Tidak akan Cabut Sanksi Selama Iran Tidak Patuhi Komitmen Kesepakatan

Asrul | Senin, 08/02/2021 10:09 WIB
Joe Biden: AS Tidak akan Cabut Sanksi Selama Iran Tidak Patuhi Komitmen Kesepakatan Suar gas di platform produksi minyak di Iran [REUTERS / Raheb Homavandi /]

Washington, beritakaltara.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan tidak akan mencabut sanksi terhadap Iran selama republik Islam itu tidak mematuhi komitmen kesepakatan nuklirnya.

Disadur dari AFP, saat disinggun apakah akan menghentikan sanksi untuk meyakinkan Iran agar kembali ke meja perundingan, Biden menawarkan jawaban yang jelas dalam wawancara CBS yang disiarkan Minggu: "Tidak."

Wartawan itu kemudian bertanya apakah Iran harus menghentikan pengayaan uranium terlebih dahulu, yang mendapat anggukan tegas dari Biden.

Kesepakatan penting tahun 2015 telah digantung sejak keputusan Donald Trump untuk menarik diri darinya pada tahun 2018 dan memberlakukan kembali sanksi terhadap Teheran.

Teheran setahun kemudian menangguhkan kepatuhannya dengan sebagian besar komitmen nuklir utama untuk kesepakatan itu.

Pemerintahan Biden telah menyatakan kesediaan untuk kembali ke kesepakatan itu, tetapi bersikeras bahwa Teheran terlebih dahulu melanjutkan kepatuhan penuh.

Pada 4 Januari, Iran mengumumkan telah meningkatkan proses pengayaan uraniumnya hingga kemurnian 20 persen, jauh di atas tingkat 3,67 persen yang diizinkan oleh kesepakatan itu, tetapi jauh di bawah jumlah yang dibutuhkan untuk sebuah bom atom.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US