• Gaya Hidup

Pentingnya Perawatan Terpadu Bagi Ibu Pasca Melahirkan

Asrul | Selasa, 09/03/2021 13:09 WIB
Pentingnya Perawatan Terpadu Bagi Ibu Pasca Melahirkan dr. Ivan M Sondakh, Dokter Spesialis Kebidanan Klinik Health360 Indonesia, saat mengisi acara virtual, Selasa, (09/03)

Jakarta, beritakaltara.com - Perawatan terpadu paska melahirkan (integrated postnatal care) merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Perawatan pasca melahirkan tidak hanya mempercepat pemulihan Ibu dan mencegah komplikasi setelah melahirkan, tetapi juga akan meningkatkan kualitas hubungan Ibu dan bayi serta keluarga pada umumnya.

Di dalam data WHO baru-baru ini menyebutkan, Sebagian besar kematian Ibu dan bayi terjadi di minggu-minggu pertama setelah persalinan dan periode ini pula yang paling diabaikan oleh sebagian orang. Diperkirakan ada 303.000 kematian ibu setiap tahun, dan Sebagian besar kematian ini terjadi setelah melahirkan.

"masa pasca persalinan adalah fase kehidupan baru bagi seorang perempuan. Penelitan menunjukkan 1 dari 7 perempuan, mengalami defresi atau kecemasan (anxiety) selama kehamilan atau pasca melahirkan, kelelahan, gangguan nafsu makan atau tidur, perubahan suasana hati, perasaan kewalahan mengurus bayi dan disfungsi seksual", Ujar dr. Ni Komang selaku CEO Klinik Health360 Indonesia dalam acara virtual Selas, (09/03).

Dalam kesempatannya dr. Daniella Satyasari selaku spesialis kedokteran jiwa menambahkan, pasca melahirkan, yang sering terjadi atau dialami oleh seorang ibu adalah cemas postpartum dan depresi berat bahkan sampai ada yang mengakhiri hidupnya. hal inilah yang membuat betapa pentingnya dukungan emosional dari keluarga dan kerabat.

"cemas postpartum dan depres merupakan hal paling sering terjadi pada para ibu pasca melahirkan, seperti gangguan mental yang bisa diakibatkan kurangnya dukungan dari keluarga, ditambah lagi rasa lelah yang berlebihan membuat mental seorang ibu makin terganggu", tutur nya.

Terlepas dari gangguan mental, perawatan fisik dan gizi seorang ibu pasca melahirkan juga tak kala pentingnya, dalam kesempatannya dr. Patricia Halim Puteri menjelaskan, perubahan yang sering terjadi pada ibu pasca melahirkan adalah perubahan fisik, serta perubahan Vagina dan vulva yang akibatkan susah buang air kecil dan ini perlu pengetahuan untuk mengatasinya.

"perawatan pada masa postnatal bersifat holistik, kami lebih mengutamakan kesehatan ibu dan tidak menyarankan untuk diet ketat tanpa pengawasan dokter. diet ketat dapat mengurangi produksi ASI, pemantauan penurunan berat badan sesuai dengan kebutuhan metabolisme ibu yang menyusui dan adanya penyembuhan luka operasi atau jahitan pasca melahirkan", Ujarnya.

dr Patricia selaku Spesialis Gizi Klinik Health360 Indonesia menambahkan, Klinik Health360 Indonesia memiliki tiga pilar utama untuk pelayanan yaitu Medical Treatment, Beauty dan Wellness dan dapat dikategorikan sebagai The First Integrated Postnatal center dengan pelayanan dari dokter-dokter berpengalaman.

 

 

FOLLOW US