• Nasional

Iran Tepis Adanya Pembicaraan dengan AS sebelum ke Wina

Asrul | Senin, 05/04/2021 07:43 WIB
Iran Tepis Adanya Pembicaraan dengan AS sebelum ke Wina Suar gas di platform produksi minyak di Iran [REUTERS / Raheb Homavandi /]

Jakarta, Beritakaltara.com - Wakil Menteri Luar Negeri Iran Sayed Abbas Araghchi menepis adanya pembicaraan langsung atau tidak langsung dengan AS satu hari sebelum menuju ke Wina untuk pembicaraan yang sangat diantisipasi tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015.

Araghchi mengatakan bahwa hanya ada satu langkah, yaitu Washington mencabut sanksi yang dijatuhkan, diberlakukan kembali dan diberi label ulang selama bertahun-tahun.

"Syarat utama kami adalah bahwa Amerika Serikat pertama-tama memenuhi semua kewajibannya dan menghapus semua sanksi, dan kemudian kami memverifikasi mereka dan kembali ke kepatuhan penuh," kata Araghchi, menyebut pembicaraan Wina sebagai "murni teknis" dilansir Middleeast, Senin (05/04).

Negosiasi di Wina antara perwakilan Iran, Prancis, Inggris, Jerman, Rusia, China, dan UE akan dimulai pada hari Selasa dalam proses yang bisa menjadi proses panjang untuk membawa AS kembali ke kesepakatan nuklir dan membuka jalan bagi pemulihan kondisi Iran.

Kerangka pembicaraan Wina diletakkan selama pertemuan virtual komisi gabungan dari kesepakatan itu, yang juga dikenal sebagai JCPOA pada hari Jumat.

Araghchi, yang mewakili Iran dalam pertemuan itu, menggarisbawahi bahwa Teheran tidak akan menghadiri pertemuan apa pun yang dihadiri AS, termasuk pertemuan komisi gabungan pakta nuklir.

Pada hari Sabtu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh menolak proposal AS untuk secara bertahap mencabut sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintahan Trump.

Itu terjadi ketika kebuntuan atas kebangkitan kembali pakta 2015 terus berlanjut antara Teheran dan Washington, meskipun pemerintah baru AS berjanji untuk meninjau pendekatan hawkish pemerintahan Donald Trump terhadap Iran.

Kedua belah pihak, meskipun menyatakan kesediaan untuk meredakan ketegangan, namun enggan untuk mengambil langkah pertama.

Negosiator nuklir utama Iran Ali Akbar Salehi pada Kamis mengatakan "kebuntuan" tentang siapa yang membuat langkah pertama telah rusak, dengan pembicaraan memasuki "fase teknis".

Namun, masih ada skeptisisme yang mengakar tentang masalah ini di lingkungan politik dan intelektual Iran.

Pemerintah Hassan Rouhani berada di bawah tekanan luar biasa di dalam negeri, apa yang dikhawatirkan oleh beberapa anggota parlemen akan segera kembali ke kepatuhan penuh sementara AS kembali ke JCPOA dan pencabutan sanksi masih belum pasti.

Parlemen Iran, yang didominasi oleh kaum konservatif, akan mengadakan sesi khusus pada hari Minggu untuk membahas perkembangan terbaru mengenai pembicaraan Wina serta pakta strategis Iran-China.

"Secara bertahap dan selangkah demi selangkah kembali ke perjanjian ditolak oleh kami. AS yang membuat kesalahan dan AS yang harus memperbaiki kesalahan ini," kata juru bicara komisi kebijakan luar negeri parlemen Abolfazl Amouei pada Sabtu.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US