• Nasional

Cadangan Devisa Maret Turun, Jadi USD137 Miliar

Asrul | Rabu, 07/04/2021 12:06 WIB
Cadangan Devisa Maret Turun, Jadi USD137 Miliar Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret 2021 tercatat sebesar USD137,1 miliar (foto: Sindonews.com)

beritakaltara.com – Cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret tercatat sebesar USD137,1 miliar turun dari posisi Februari yang mencapai USD138,8 miliar, dipengaruhi pembayaran utang luar negeri pemerintah yang sudah jatuh tempo, ujar Bank Indonesia (BI), Rabu.

Menurut BI, cadangan devisa itu setara dengan pembiayaan 10,1 bulan impor atau 9,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Cadangan devisa sudah berada di atas standar kecukupan internasional, sekitar tiga bulan impor,” ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam siaran pers.

BI menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Cadangan devisa ini juga tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi, ujar BI.(Anadolu Agency)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US