• Nasional

Akhir 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diujicoba

Asrul | Selasa, 18/05/2021 16:11 WIB
Akhir 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diujicoba Ilustrasi Kereta Cepat

Beritakaltara.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan pada akhir 2022. Sementara itu, hingga saat ini pengerjaan konstruksi telah mencapai 73 persen.

“Nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi, diharapkan nanti akhir tahun 2022 kereta cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diuji-coba dan tentu saja setelah uji coba masuk ke operasional,” kata Presiden Jokowi saat meninjau pengerjaan konstruksi Tunnel #1 Halim kereta cepat Jakarta-Bandung, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021).

Presiden mengharapkan proyek strategis itu dapat terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti kereta cepat ringan (Light Rapid Train/LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT) di DKI Jakarta. Hal ini untuk menciptakan efisiensi waktu dan jarak tempuh guna meningkatkan daya saing kegiatan ekonomi.

“Sehingga ada sebuah efisiensi waktu, kecepatan, dan kita harapkan ini jadi daya saing, competitiveness, bagi negara kita untuk bersaing dengan negara lain,” ujar Presiden.

Presiden juga berharap pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung menyertakan transfer teknologi ke tenaga kerja domestik.

“Dan kita harapkan apabila diputuskan akan diperpanjang sampai ke Surabaya, kesiapan SDM kita sudah memiliki pengalaman yang Jakarta-Bandung,” ujar Presiden.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US