• Nasional

Israel Mulai Distribusi Vaksin Ketiga Covid-19

Asrul | Senin, 12/07/2021 09:49 WIB
Israel Mulai Distribusi Vaksin Ketiga Covid-19 Pemandangan dari Pusat Medis Shamir, tempat seorang wanita Israel mencabut vaksinasi COVID-19-nya, di Tel Aviv, Israel pada 28 Januari 2021 [Mostafa Alkharouf / Anadolu Agency]

Jakarta, beritakaltara.com - Israel mengatakan bahwa pihaknya akan mulai menawarkan dosis ketiga vaksin Pfizer Inc kepada orang dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah tetapi masih mempertimbangkan apakah akan membuat booster tersebut tersedia untuk masyarakat umum.

Penyebaran cepat varian Delta telah membuat tingkat vaksinasi di Israel naik kembali karena infeksi baru telah meningkat selama sebulan terakhir dari satu digit menjadi sekitar 450 sehari, dan negara itu telah bergerak untuk mempercepat pengiriman Pfizer berikutnya.

Menteri Kesehatan Nitzan Horowitz mengatakan bahwa efektif segera, orang dewasa dengan gangguan sistem kekebalan yang telah menerima dua dosis vaksin Pfizer bisa mendapatkan suntikan booster, dengan keputusan menunggu distribusi yang lebih luas.

Pfizer dan mitra BioNTech SE, pemasok utama dalam peluncuran cepat vaksinasi Israel yang dimulai pada bulan Desember, mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka akan meminta regulator AS dan Eropa dalam beberapa minggu untuk mengizinkan suntikan booster.

Kedua perusahaan menyebutkan peningkatan risiko infeksi setelah enam bulan meminta izin untuk suntikan ketiga.

Menarik kritik dari beberapa ilmuwan dan pejabat, perusahaan tidak membagikan data yang menunjukkan risiko itu, tetapi mengatakan itu akan segera dipublikasikan. Mereka juga mengutip data Israel baru-baru ini.

"Kami sedang memeriksa masalah ini dan kami masih belum memiliki jawaban akhir," Horowitz, berbicara di radio publik Kan, mengatakan tentang booster untuk populasi umum di Israel.

"Bagaimanapun kami memberikan suntikan ketiga untuk orang yang menderita defisiensi imun."

Sekitar setengah dari 46 pasien yang saat ini dirawat di rumah sakit di Israel dalam kondisi parah telah divaksinasi, dan mayoritas berasal dari kelompok berisiko, menurut otoritas kesehatan. Sekitar 5,7 juta dari 9,3 penduduk Israel telah menerima setidaknya satu dosis.

Horowitz mengatakan bahwa secara terpisah, kementerian kesehatan akan menutup celah pasokan Pfizer untuk inokulasi dua dosis yang sedang berlangsung dari populasi orang dewasa umum dengan menggunakan vaksin Moderna Inc yang sudah tersedia.

Perdana Menteri Naftali Bennett mengatakan dalam pidato siaran kepada kabinetnya pada hari Minggu bahwa dia telah setuju dengan Pfizer untuk memajukan pengiriman dosis berikutnya hingga 1 Agustus. Pengiriman secara luas diperkirakan akan tiba pada bulan September. (Middleeast).

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US