• Nasional

Ketua DPR Hubungi Kemenkes Minta Ubah Standar Harga Tes PCR

Agus Mughni Muttaqin | Senin, 16/08/2021 13:10 WIB
Ketua DPR Hubungi Kemenkes Minta Ubah Standar Harga Tes PCR Ketua DPR RI, Puan Maharani usai sidang tahunan bersama MPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (16/8). (Foto: Jurnas.com)

Jakarta, Beritakaltara.com - DPR RI akan mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian kesehatan untuk mengubah standar harga tes swab PCR di Indonesia.

Hal itu sebagaimana diutarakan Ketua DPR RI, Puan Maharani usai Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (16/8).

Puan sendiri mengaku telah menghubungi pihak Kemenkes terkait perubahan harga PCR tersebut

“Kita akan mendorong, sesuai dengan keinginan pemerintah bahwa harga PCR bisa turun. Saya juga sudah bicara dengan Kemenkes bahwa mereka sedang berupaya untuk bisa melakukan hal tersebut,” katanya.

“Tentu saja Insya Allah dalam waktu yang tidak lama, dalam waktu yang cepat ini apa yang kemudian kita harapkan bersama itu bisa segera terlaksana,” sambung Puan.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyebutkan, pihaknya tengah berupaya agar hasil PCR tes bisa selesai dalam waktu yang tidak lama.

“Kami juga meminta sekarang sedang didorong supaya hasil PCR itu bisa 1x24 jam sehingga dalam proses tes dan tracingnya itu bisa cepat diketahui bahwa orang ini positif atau negatif. Kalau enggak kan sekarang, sudah positif tapi masih seharian jalan jalan karena dia tidak tahu positif,” demikian Puan yang tampil dengan pakaian adat Bali ini.

Presiden Jokowi sebelumnya menginstruksikan kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mengubah standar harga swab PCR di Indonesia.

Presiden meminta agar Kemenkes menekan batasan baru terhadap harga PCR menjadi kisaranRp 450.000 hingga Rp550.000.

FOLLOW US