• Kalimantan Utara

Pelantikan Pengurus Dekranasda, Gubernur Zainal Pesan Kembangkan Produk Lokal Benuanta

Charles Siahaan | Senin, 06/09/2021 13:57 WIB
Pelantikan Pengurus Dekranasda, Gubernur Zainal Pesan Kembangkan Produk Lokal Benuanta Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang. (Foto: Diskominfo Kaltara)

Beritakaltara.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang memberikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kaltara periode 2021-2024. Dengan harapan kepengurusan baru ini dapat mengemban amanah untuk memajukan Dekranasda provinsi maupun kabupaten dan kota di Kaltara.

“Selamat mejalankan tugas, bersama-sama pemerintah untuk terus mengembangkan produk kerajinan sehingga semakin berdaya saing,” Ucap Gubernur Zainal pada acara pengukuhan pengurus Dekranasda Provinsi Kaltara, di Aula Gedung Gabungan Dinas Kaltara, Rabu (6/9/2021).

Gubernur meminta Dekranasda berkontribusi membina dan mengembangkan produk karya lokal Benuanta.

“Agar bernilai ekonomi tinggi, namun tetap mempertahankan kelestarian budaya dan kearifan lokal,” imbaunya.

Berkembangnya sektor industri di Kaltara telah memberikan sumbangan bagi keberhasilan ekonomi daerah.

“Banyaknya industri-industri UKM tentu akan membuka lapangan kerja, terutama untuk putra puteri daerah kita, yang harus kita berdayakan,” tegas Gubernur.

Dengan Revolusi Industri 4.0 yang digalakan oleh pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, Gubernur Zainal tidak hentinya mengajak seluruh elemen masyarakat Kaltara untuk memaksimalkan peluang pada sektor ekonomi kreatif sebagai strategi memenangkan perdagangan saat ini.

“Terutama melalui internet dan teknologi, untuk itu kita harus terus berkembang dan berinovasi guna meningkatkan nilai tambah ekonomi. Di Kalimantan Utara ada 4 sub sektor industri kreatif yaitu kuliner, kriya atau kerajinan tangan, fashion dan industri digital,” ungkapnya.

Gubernur Zainal juga menunjukan cara konkret mempromosikan produk-produk lokal yang telah ia dan Wakil Gubernur Yansen TP lakukan sejak mulai memimpin Kaltara beberapa bulan yang lalu.

“Seperti yang saya gunakan saat ini, semua adalah hasil tangan masyarakat kita. Mulai dari kepala ini singal, kemudian kalung dan batik Kaltara. Sudah saatnya orang Kaltara kemana-mana harus bangga pada produksi tangan masyarakat kita, sangat bagus dan wajib kita pertontonkan (tunjukan),” Ujar Gubernur saat memamerkan busana yang ia kenakan pada peserta Musda Dekranasda Kaltara yang banyak ditanyakan orang ketika dibawa pada acara-acara kenegaraan di Jakarta.

Terakhir Gubernur menganjurkan inovasi pengemasan pada industri kuliner yang harus lebih banyak menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan seperti dedaunan dan bambu yang sangat banyak ditemukan di Kaltara.

“Yang penting jangan daun jendela dan daun pintu,” canda Gubernur memancing tawa peserta Musda.

“Terakhir dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, musyawarah daerah Dekranasda provinsi Kalimantan Utara secara resmi saya buka dan semoga ALLAH SWT memberikan kemudahan langkah. Di Tiongkok ada panda, Bekantan ada di Kaltara, selamat dan sukses untuk Dekranasda mari bersama bangun Kaltara,” tutup Gubernur dengan berpantun.

Tampak hadir pada acara tersebut, Wakil Gubernur Yansen TP, Ketua Dekranasda Kaltara Rachmawati Zainal, Wakil Ketua Dekranasda Kaltara Ping Yansen, Sekdaprov Kaltara Suriansyah, Plt Kepala Dinas KISP Kaltara Iskandar Alwi, Plt Kepala BKAD Kaltara, serta Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol. Budi Rachmat dan perwakilan Korem 092/Maharajalila.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US