• Nasional

Waduh! Akibat Perubahan Iklim, Komodo Dragon Ini Terancam Punah

Asrul | Jum'at, 10/09/2021 07:27 WIB
Waduh! Akibat Perubahan Iklim, Komodo Dragon Ini Terancam Punah Pulau Komodo menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Labuan Bajo. (Foto : Jurnas/FB).

Jakarta, Beritakaltara.com - Sebuah kelompok konservasi internasional mengatakan naiknya permukaan laut akibat perubahan iklim mendorong Komodo Dragon prasejarah yang legendaris dari spesies "rentan" menjadi status "terancam punah".

Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), yang mengeluarkan "daftar merah" reguler spesies yang terancam punah, juga mengatakan Komodo dapat kehilangan 30% habitat aslinya dalam 45 tahun ke depan karena melanggar batas aktivitas manusia.

Kadal pemakan daging yang dapat tumbuh hingga 10 kaki panjang dan berat 300 pon, berjumlah sekitar 4.000 hingga 5.000 di alam liar dan hanya hidup di Indonesia: Taman Nasional Komodo, situs Warisan Dunia UNESCO, dan pulau tetangga Flores. Mereka adalah hewan nasional Indonesia.

IUCN mengatakan populasi Komodo di taman itu stabil dan terlindungi dengan baik. Namun kenaikan suhu, kenaikan permukaan laut, dan aktivitas manusia menimbulkan ancaman serius di luar taman nasional.

"Gagasan bahwa hewan prasejarah ini bergerak satu langkah lebih dekat ke kepunahan sebagian karena perubahan iklim sangat menakutkan - dan seruan lebih lanjut agar alam ditempatkan di jantung semua pengambilan keputusan," kata kelompok itu pada malam yang akan datang. Konferensi PBB tentang perubahan iklim.

Komodo adalah predator ganas, dikenal karena menimbulkan satu gigitan berbisa pada mangsanya yang akhirnya membunuh mereka. Mereka diketahui memakan babi, sapi, rusa dan bahkan satu sama lain. (AA)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US