• Nasional

Gemilang Perpustakaan Nasional 2021, Apresiasi Insan Peduli Literasi

Asrul | Minggu, 12/09/2021 14:59 WIB
Gemilang Perpustakaan Nasional 2021, Apresiasi Insan Peduli Literasi Gemilang Perpustakaan Nasional

Jakarta, Beritakaltara.com - Pengembangan perpustakaan membutuhkan insan yang cakap, tangguh, dan andal. Dari tangan-tangan mereka, daya jangkau kebermanfaatan perpustakaan dan literasi tersebar hingga ke pelosok negeri. Namun, seringkali kontribusi yang mereka tunjukkan minim apresiasi.

Sebagai lembaga yang bertugas di bidang perpustakaan, Perpustakaan Nasional wajib memberikan penghargaan sesuai ketentuan yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 43 tentang Perpustakaan pasal 51 (ayat 6) yang menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berhasil melakukan gerakan pembudayaan gemar membaca.

Nugra Jasadharma Pustaloka adalah pemberian penghargaan tertinggi dari Perpustakaan Nasional setelah melihat kiprah dan sepak terjang mereka dengan berbagai penilaian dan pertimbangan.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menyatakan Perpusnas membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat. "Sehingga cita-cita negara untuk mencerdaskan anak bangsa, bisa diraih bersama," ujar Syarif Bando pada hari Minggu (12/9/2021)

Nugra Jasadharma Pustaloka diberikan kepada pejabat publik, tokoh masyarakat, masyarakat, media massa, dan lifetime achievement yang dinilai berhasil memfasilitasi dan mendorong pembudayaan kegemaran membaca.

Apresiasi dan penghargaan juga diberikan untuk pelestari naskah kuno, buku (pustaka) terbaik koleksi Perpustakaan Nasional, perpustakaan SLTA terbaik tingkat nasional, perpustakaan umum desa/kelurahan terbaik tingkat nasional, pemenang lomba bertutur SD/MI tingkat nasional, kontributor data tertinggi untuk repositori layanan penjelajahan pengetahuan satu pintu Indonesia OneSearch, serta provinsi dengan nilai Tingkat Kegemaran Membaca tertinggi dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat tertinggi di Indonesia tahun 2020.

Penyerahan Nugra Jasadharma Pustaloka 2021 dikemas dalam konsep hiburan bertajuk Gemilang Perpustakaan Nasional. Gemilang Perpustakaan Nasional menjadi ajang masyarakat untuk mengenali kegiatan Perpusnas yang inspiratif, informatif, komunikatif, dan edukatif.

Gemilang Perpustakaan Nasional diselenggarakan pada Selasa, 14 September 2021 pada pukul 14.00—16.30 WIB.
Pertama kalinya, pada tahun ini Gemilang Perpustakaan Nasional diselenggarakan secara tatap muka dan virtual atau hybrid. Yang istimewa, Gemilang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati setiap 14 September dan Bulan Gemar Membaca.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan hadir membuka acara. Gemilang Perpustakaan Nasional akan dilaksanakan secara sederhana tanpa mengurangi esensi, mengapresiasi para insan yang peduli pada literasi dan perpustakaan dengan penampilan Duta Baca Indonesia Gol A Gong dan penyanyi Cakra Khan.

Masyarakat dapat turut menyaksikan melalui Zoom dan kanal YouTube Perpustakaan Nasional RI. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui media sosial Perpustakaan Nasional.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US