• Nasional

Awasi Pekerjaan Rudal di Australia, Marinir AS akan Dikerahkan

Asrul | Jum'at, 17/09/2021 08:07 WIB
Awasi Pekerjaan Rudal di Australia, Marinir AS akan Dikerahkan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) berbicara dengan Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton (kiri) dan Menteri Luar Negeri Marise Payne di Departemen Luar Negeri di Washington, DC, pada 16 September 2021. (Foto: Andrew Harnik/POOL/AFP)

Washington, Beritakaltara.com - Australia mengatakan, lebih banyak pasukan Amerika Serikat (AS) akan dirotasi melalui negara kepulauan itu dan sekutu akan bekerja sama dalam pengembangan rudal, langkah bersama terbaru di tengah kekhawatiran bersama atas kebangkitan China.

Australia mengumumkan aliansi tiga arah dengan AS dan Inggris di mana Canberra akan memperoleh kapal selam bertenaga nuklir, membuat marah Prancis yang kontrak utamanya sendiri untuk kapal selam konvensional dibatalkan.

Menguraikan langkah-langkah lebih lanjut pada kunjungan ke Washington, Menteri Pertahanan Austrlia, Peter Dutton mengatakan Australia akan secara signifikan meningkatkan kerja sama termasuk bekerja sama dalam pengembangan rudal dan persenjataan peledak.

Dia mengatakan Australia bersedia melihat lebih banyak Marinir AS dalam satu dekade rotasi melalui kota utara Darwin. "Saya memiliki aspirasi untuk memastikan bahwa kami dapat meningkatkan jumlah pasukan melalui rotasi," kata Dutton, dikutip dari AFP, Jumat (17/9)

"Kemampuan udara akan ditingkatkan, kemampuan maritim kami ditingkatkan dan tentu saja postur kekuatan ditingkatkan," sambungnya.

Perdana Menteri Austrlaia, Scott Morrison sebelumnya telah mengatakan bahwa Australia akan memperoleh rudal jelajah jarak jauh Tomahawk.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, juga tanpa memberikan angka, menegaskan bahwa AS akan memperluas akses dan kehadiran pasukan di Australia.

Austin mengatakan kedua sekutu membahas kekhawatiran tentang China dalam pertemuan empat arah yang melibatkan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Marise Payne.

"Sementara kami mencari hubungan yang konstruktif dan berorientasi pada hasil dengan RRC, kami akan tetap memandang dengan jelas dalam pandangan kami tentang upaya Beijing untuk merusak tatanan internasional yang mapan," kata Austin.

China telah menyuarakan kemarahan atas kesepakatan kapal selam nuklir yang terjadi ketika Australia menghadapi tekanan komersial dan diplomatik yang meningkat dari kekuatan Asia, tujuan utama ekspor makanan dan energinya.

"Beijing telah melihat selama beberapa bulan terakhir bahwa Australia tidak akan mundur dan ancaman pembalasan ekonomi serta tekanan tidak akan berhasil," kata Blinken.

"AS tidak akan meninggalkan Australia sendirian di lapangan atau, lebih baik lagi, di lapangan," katanya, menggunakan metafora olahraga.

Sekitar 2.200 Marinir AS dijadwalkan datang melalui Darwin pada rotasi 2021, dengan pembatasan karena COVID-19 dan tindakan karantina yang ketat dari Australia.

Presiden Joe Biden menyebutkan perlunya fokus pada China saat ia secara kontroversial menarik pasukan terakhir AS dari Afghanistan bulan lalu.

Dalam tanda lain ke China, Morrison akan menuju ke Washington minggu depan untuk pertemuan puncak empat arah pertama dengan Biden, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga.

Dutton juga menunjuk Indonesia, Vietnam, dan Korea Selatan sebagai mitra Australia di kawasan. "Mereka memahami nilai-nilai yang kami anut dan bahwa kami telah secara konsisten dipatuhi untuk jangka waktu yang lama," katanya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US