• Gaya Hidup

Tips Agar Selalu Kompak Dengan Pasangan Hidup

Agus Mughni Muttaqin | Sabtu, 18/09/2021 15:26 WIB
Tips Agar Selalu Kompak Dengan Pasangan Hidup Ilustrasi pasangan bahagia

Jakarta, Beritakaltara.com – Setelah menikah, hubungan antara suami dan istri harus terjalin dengan baik. Tugas dalam rumah tangga jangan dianggap remeh. Anda dapat diskusikan dengan pasangan untuk pembagian tanggung jawab tersebut.

Pernikahan tidak hanya sekedar saling cinta dan sayang saja, tapi juga harus bisa menghadapi perbedaan dengan pasangan. Bila menginginkan pernikahan berhasil dan bahagia menjalaninya, suami dan istri saling membuka diri untuk belajar hal baru serta saling menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lain.  

Beberapa tips yang dapat lakukan Anda untuk mempertahankan kekompakan dengan pasangan hidup :

Hadapi benturan dengan tenang

Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar. Namun, bila Anda dan pasangan alami benturan hebat, sebaiknya Anda menenangkan diri sejenak sebelum mengajak pasangan mendiskusikan perbedaan tersebut. Hindari perdebatan yang akan memicu pertengkaran.

Melakukan aktifitas bersama

Selain menerima segala kelebihan dan kekurangannya, Anda juga harus memahami sifat dan kesukaannya. Mengggeluti hobi terkadang tanpa ia sadari telah menyita waktunya. Anda dapat menegurnya, tapi dengan cara yang halus dan tetap menghormati hobinya tersebut. Sesekali Anda melibatkan diri ketika Dia melakukan hobinya agar lebih memahami dan menimbulkan rasa kedekatan yang menyenangkan.

Terus bangun komunikasi yang sehat

Setiap berpasangan harus bersedia terus belajar tentang pasangannya. Saling terbuka satu sama lain serta sampaikan dengan bahasa yang baik bila ada sesuatu yang mengganjal di hati. Selalu ciptakan pembicaraan yang hangat dengan membahas topik yang lucu dan menyenangkan.

Diskusikan pembagian tugas

Berikan tugas yang diminati pasangan. Semisal, istri gemar memasak tapi tak suka bersih-bersih. Dan ternyata suami lebih suka kerapian, maka suami bertanggung jawab pada kebersihan rumah.

Sensitif dan mengalah

Terkadang seseorang mengalami suatu masalah atau peristiwa yang menyedihkan.  Jika pasangan mengalaminya, sediakan waktumu untuk menghiburnya dan tunjukkan bahwa Anda selalu ada untuknya baik kondisi senang dan sedih. Cobalah untuk memahami serta berusaha menjadi teman curhat yang baik. Bersama-sama mendiskusikannya untuk mencari penyelesaian masalah tersebut.

Berikan ruangan pribadi untuk pasangan

Atur sebuah ruang atau pojok khusus untuk pasangan yang punya kegemaran khusus seperti senang mengumpulkan pernak-pernik atau suka merakit mainan, agar berantakan hanya terjadi pada sisi tersebut. Bagian lain dalam rumah tetap rapi.

Berlapang dada

Bila pasangan Anda merapikan rumah tapi ternyata hasilnya tak sesuai dengan harapan Anda, hargai niat tulusnya dan tak perlu mengkritik hasil karyanya.

Berburu barang bersama

Desain rumah dan mengisi perabotan dapat Anda rembukkan bersama. Berburu furniture dengan pasangan merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat mempererat hubungan kalian. Bukan itu saja, kalian semakin mengetahui selera masing-masing dan akan semakin kompak dalam banyak hal.

Jangan perhitungan

Tak perlu berhitung soal siapa lebih banyak tugas. Rumah tangga adalah milik berdua. Jadi Anda perlu ringan tangan membantu pasangan ketika ia tampak kewalahan dengan tugas-tugasnya.

Berkencan

Walaupun sudah menikah, berkencan dengan pasangan hidup tetap dilakukan untuk terus menumbuhkan rasa romantis dan menghilangkan kebosanan. Pergi berdua ke bioskop, berburu kuliner, tamasya atau menghabiskan malam dengannya ke suatu tempat yang romantis dapat menambah pengalaman kebersamaan yang sulit dilupakan.

FOLLOW US