• Kalimantan Timur

Desa Padang Jaya Juara dalam Penilaian Desa Digital Seluruh Kalimantan Timur

Akhyar Zein | Selasa, 27/09/2022 10:23 WIB
Desa Padang Jaya Juara dalam Penilaian Desa Digital Seluruh Kalimantan Timur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi (ANTARA/Diskominfo Kaltim)

Kalimantan Timur - Desa Padang Jaya, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser menjadi juara pertama pada penilaian desa digital tingkat Provinsi Kaltim tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Anwar Sanusi mengatakan peringkat kedua diraih Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau dan peringkat ketiga oleh Desa Sukaraja, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Penetapan juara ini berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian berkas online dan verifikasi lapangan yang dilakukan juri berkompeten di bidangnya mulai 1 Agustus – 23 September 2022,” kata Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi di Samarinda, Senin.

Para juara akan diberikan penghargaan berupa uang tunai senilai Rp10 juta untuk juara 1, lalu Rp7 juta untuk juara 2, dan Rp5 juta untuk juara 3.

Selain uang pembinaan, mereka juga akan diberikan penghargaan berupa plakat dan sertifikat.

“Selamat kepada para juara. Semoga semakin baik lagi dalam pemanfaatan dunia digital dalam penyelenggaraan pemerintahan,” katanya.

Anwar mengatakan sesuai dengan tujuan penilaian desa digital yakni untuk mendorong pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi di pemerintahan desa atau kampung.

"Harus disadari bahwa tidak semua wilayah di Kaltim sudah menyerap teknologi dan informasi dengan baik, oleh sebab melalui kegiatan seperti ini kami harapkan semua desa bisa terpacu untuk berubah," kata Anwar.

Penilaian desa digital dilakukan dalam dua tahapan, yakni tahap penilaian berkas online dan tahap verifikasi lapangan.

Adapun beberapa indikator penilaian mulai dari website desa, desa sosial, faktor penunjang, dan penilaian lapangan. (Antara)

FOLLOW US