• Kalimantan Utara

Narkotika Jenis Sabu Ditemukan di Lapas Kelas II-B Nunukan, Diduga Warga Lapas Terlibat Peredaran

Akhyar Zein | Kamis, 10/11/2022 10:38 WIB
Narkotika Jenis Sabu Ditemukan di Lapas Kelas II-B Nunukan, Diduga Warga Lapas Terlibat Peredaran Petugas Lapas Nunukan saat menemukan barang bukti berupa narkotika yang dikemas dua bungkus ukuran kecil. (FOTO: LAPAS NUNUKAN)

Kalimantan UtaraNarkotika golongan satu jenis sabu ditemukan berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B Nunukan. Itu terjadi sekira pukul 17.00 WITA, Minggu (6/11).

Plh Kepala Lapas Kelas II-B Nunukan, Youga menceritakan temuan adanya narkoba jenis sabu-sabu di lingkungan Lapas Nunukan. Hal itu terungkap ketika komandan jaga Regu 3 dan anggota melaksanakan kontrol beranggang/area steril Lapas Nunukan. Kegiatan rutin yang dilaksanakan menemukan kotak rokok yang mencurigakan.

“Setelah diperiksa, ternyata di dalam rokok berisi batu kecil dan barang yang mencurigakan yang diduga sabu. Lokasinya, tepatnya di belakang gedung gereja Lapas,” ucap Youga kepada Radar Tarakan melansir beritakaltara, Senin (7/11).

Dijelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan barang yang diduga narkoba jenis sabu diduga seberat 0,1 gram. Diduga, penemuan barang mencurigakan tersebut salah sasaran karena posisi jatuhnya di steril area beranggang.

“Saya mengapresiasi ketelitian dan kesigapan petugas jaga melaksanakan tugas memonitor area rawan Lapas Nunukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban berjalan dengan baik. Mengamankan paket mencurigakan yang dilempar masuk ke dalam area steril lapas,” jelasnya.

Adanya temuan itu, Lapas menyerahkan barang bukti ke Polres Nunukan untuk ditindaklanjuti. Proses penyerahan barang bukti dilaksanakan sesuai standar administrasi Lapas Nunukan ke Satreskoba Polres Nunukan.

“Keberhasilan digagalkannya barang haram tersebut merupakan bagian dari wujud komitmen pimpinan dan jajaran pemasyarakatan, khususnya di Lapas Nunukan memberantas narkoba. Untuk itu, kami mengajak seluruh jajaran Lapas Nunukan untuk terus meningkatkan kewaspadaan serta mengantisipasi peredaran narkoba khususnya di Lapas Nunukan,” bebernya.

Ia menegaskan, peningkatan pengawasan terhadap aktivitas lalu lintas barang dan orang seperti pengunjung terus dilakukan personel Lapas Nunukan. Selain itu, patroli juga dilakukan di area Lapas Nunukan.

“Jauh sebelumnya serta rutin kira melaksanakan penggeledahan terhadap WBP dan patroli sekitar area lapas. Baik itu area dalam maupun area luar sekitar Lapas Nunukan,” tambahnya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US