• Sport

Juventus Dapat Sanksi Pengurangan 15 Point di Serie A, Ini Penyebabnya

Fadli | Sabtu, 21/01/2023 15:33 WIB
Juventus Dapat Sanksi Pengurangan 15 Point di Serie A, Ini Penyebabnya Skuat Juventus ( foto: anadolu agency )

Beritakaltara.com - Juventus mendapat sanksi dengan dikurangi 15 poin untuk musim ini oleh pengadilan sepak bola Italia yang menyelidiki transaksi transfer klub, membuat tim paling sukses di negara itu terdampar di papan tengah.

Putusan tersebut lebih keras daripada pengurangan sembilan poin yang diminta jaksa sebelumnya pada hari Jumat (20/1) selama sidang yang melihat cara Juventus dan sejumlah tim lain berurusan dengan kesepakatan pertukaran pemain.

Dengan 20 pertandingan tersisa musim ini, Juve berada di urutan ketiga di Serie A dengan 37 poin, tertinggal 10 poin dari pemimpin klasemen Napoli. Pengurangan tersebut mendorong mereka turun ke posisi ke-10, di luar tempat kualifikasi untuk kompetisi Eropa yang menguntungkan.

Dalam sebuah pernyataan, pengadilan juga memberlakukan larangan memegang jabatan di sepak bola Italia pada 11 direktur Juventus masa lalu dan sekarang.

Ini termasuk 24 bulan untuk Andrea Agnelli, yang digantikan minggu ini sebagai ketua setelah secara resmi mengundurkan diri pada November, dan 30 bulan untuk mantan direktur olahraga, Fabio Paratici, sekarang direktur pelaksana sepak bola di klub Liga Premier Inggris Tottenham Hotspur.

Juve mengatakan akan mengajukan banding ke Sport Guarantee Board negara itu begitu alasan keputusan itu diterbitkan.

"Kami menganggap ini sebagai ketidakadilan yang mencolok juga bagi jutaan penggemar, yang kami yakini akan segera diperbaiki di pengadilan berikutnya," kata pengacara klub dalam sebuah pernyataan.

Juve membantah melakukan kesalahan dan mengatakan akuntansinya sesuai dengan standar industri. Klub ini dikendalikan oleh perusahaan induk Exor milik keluarga Agnelli dan sahamnya tercatat di bursa saham Milan.

Putusan tersebut membalikkan keputusan sebelumnya pada bulan April untuk membersihkan Juventus, 10 klub lain dan eksekutif mereka dari kesalahan.

Otoritas sepak bola telah membuka kembali kasus tersebut dan meminta pembatalan sebagian dari keputusan awal sehingga mereka dapat menilai dokumen baru yang dikumpulkan oleh jaksa penuntut umum di Turin yang sedang menyelidiki keuangan Juventus.

Pengadilan mengkonfirmasi pembebasan delapan klub sepak bola lainnya, termasuk Sampdoria dan Empoli Serie A, dan direktur mereka, yang juga ingin dibuka kembali oleh jaksa penuntut.

Jaksa Penuntut Umum di Turin telah meminta Andrea Agnelli, 11 orang lainnya dan klub itu sendiri untuk diadili atas tuduhan pembukuan palsu.

Awal pekan ini, pemegang saham Juve awal menunjuk dewan lima anggota baru yang ramping dengan Gianluca Ferrero, akuntan yang dekat dengan John Elkann, tokoh bisnis senior dalam keluarga yang telah memiliki klub selama satu abad, menggantikan Andrea Agnelli yang mengundurkan diri.

Sumber: Reuters

Keywords :

FOLLOW US