• Kalimantan Utara

Perdana, Tarakan akan Uji Coba Sensus Berbasis Android

Akhyar Zein | Senin, 30/01/2023 09:39 WIB
Perdana, Tarakan akan Uji Coba Sensus Berbasis Android FOTO : Ilustrasi

Kalimantan UtaraDi awal tahun 2023 ini, Badan Pusat Statistik (BPS) secara nasional akan menggelar sensus pertanian. Berbeda dengan pelaksanaan sensus sebelumnya, ditahun ini Tarakan akan menjadi percontohan sensus menggunakan survei berbasis android di Kalimantan Utara.

Kepala BPS Tarakan, Edwin Triyoga mengatakan bahwa pengisian kuisioner sensus pertanian langsung diisi melalui android oleh petugas. Pelaksanaan sensus pertanian ini bertujuan untuk melihat data jumlah petani di setiap daerah Indonesia.

“Tidak hanya petani yang menanam, tapi juga pada bagian perkebunan dan perikanan,” ungkap Edwin pada Minggu (29/1).

Pasca dilakukannya sensus pertanian ini, data yang diperoleh petugas pun akan dikembalikan ke pemerintah pusat oleh pemerintah daerah, guna membahas kebijakan apa yang akan diberikan kepada para petani yang masuk pada golongan sektor pertanian ini.

“Hasil datanya itu nanti akan digunakan sebagai acuan kebijakan pemerintah. Karena dalam data kita nanti itu disebutkan jumlah petani kita apakah naik atau menurun,” jelasnya. dilansir radartarakan

Khusus mekanisme pendataan sensus ekonomi ini diakui Edwin belum diketahui secara detail oleh pihaknya sebab pihak BPS pusat baru menyelesaikan pelatihan instruktursional yang diwakili oleh satu orang dari BPS Tarakan.

Setelah itu, instruktur daerah akan melatih petugas lapangan di Tarakan yang berjumlah lebih dari 100 orang. Jumlah petugas sensus ini akan dilakukan pada Mei 2023 nanti, sebab ini merupakan kalender rutin khusus sensus pertanian.

“Dalam program kita itu sensus pertanian akan digelar pada tahun yang akhirannya 3, seperti 2023 karena sebelumnya tahun 2013. Jadi 10 tahun sekali, sensus penduduk juga sama begitu. Sementara sensus ekonomi itu tahun yang berakhiran 6, seperti tahun 2016 dan 2026. Tapi sensus ekonomi itu fokusnya tidak pada pertanian dan perikanan, apalagi sektor perekonomian terbesar di Tarakan itu perdagangan, makanya tahun 2026 itu sensus ekonomi terfokus pada perdagangan,” bebernya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US