• Nasional

Prancis Tarik Utusan di AS dan Australia atas Kesepakatan Kapal Selam

Asrul | Sabtu, 18/09/2021 09:27 WIB
Prancis Tarik Utusan di AS dan Australia atas Kesepakatan Kapal Selam Menteri Luar Negeri rench Jean-Yves Le Drian menghadiri konferensi pers bersama di Universitas Bauhaus di Weimar, Jerman 10 September 2021. Jens Schlueter/Pool via Reuters

Jakarta, Beritakaltara.com - Prancis menarik duta besarnya dari Amerika Serikat (AS) dan Australia negara terkait kesepakatan keamanan trilateral yang menenggelamkan kontrak kapal selam rancangan Prancis senilai US$40 miliar.

Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan langka yang diambil oleh Presiden Emmanuel Macron dibuat karena keseriusan masalah tersebut.

"Pengabaian proyek kapal selam dan pengumuman kemitraan baru dengan AS yang bertujuan meluncurkan studi baru untuk kemungkinan kerja sama propulsi nuklir di masa depan adalah perilaku yang tidak dapat diterima di antara sekutu," katanya pada Jumat (17/9).

"Konsekuensinya menyentuh konsep yang kami miliki tentang aliansi, kemitraan kami, dan pentingnya Indo-Pasifik bagi Eropa," sambungnya.

Pada Kamis, Australia mengatakan akan membatalkan kesepakatan senilai US$40 miliar dengan Grup Angkatan Laut Prancis untuk membangun armada kapal selam konvensional dan sebaliknya akan membangun setidaknya delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan teknologi AS dan Inggris setelah mencapai kemitraan keamanan trilateral.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, AS menyesali keputusan Prancis dan bahwa Washington telah berhubungan dekat dengan Prancis mengenai hal itu. Pejabat itu mengatakan AS akan terlibat dalam beberapa hari mendatang untuk menyelesaikan perbedaan dengan Prancis.

Australia mengatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya menyesali keputusan Prancis untuk memanggil kembali duta besarnya untuk Canberra, tetapi Australia menghargai hubungannya dengan Prancis dan akan terus terlibat dengan Paris dalam banyak masalah lainnya.

"Kami menyesalkan keputusan Prancis untuk menarik kembali Duta Besarnya untuk Australia," kata juru bicara kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

"Australia menghargai hubungannya dengan Prancis ... Kami berharap dapat terlibat lagi dengan Prancis dalam banyak masalah kepentingan bersama kami, berdasarkan nilai-nilai bersama," ujarnya.

Penarikan duta besar Prancis dari AS dan Australia, sekutu utama Prancis, belum pernah terjadi sebelumnya. Penarikan utusan adalah langkah diplomatik terakhir yang diambil ketika hubungan antara negara yang bertikai jatuh ke dalam krisis tetapi sangat tidak biasa di antara sekutu.

"Saya dipanggil kembali ke Paris untuk berkonsultasi," tulis duta besar Prancis untuk AS, Philippe Etienne di Twitter. "Ini mengikuti pengumuman yang secara langsung mempengaruhi visi aliansi kami, kemitraan kami, dan pentingnya Indo-Pasifik bagi Eropa."

Paris melihat dirinya sebagai kekuatan utama di Indo-Pasifik karena wilayah luar negeri seperti Kaledonia Baru dan Polinesia Prancis yang memberinya pijakan strategis dan militer yang tak tertandingi oleh negara Eropa lainnya.

Ikatan yang tegang di antara sekutu lama terjadi ketika AS dan sekutunya mencari dukungan tambahan di Asia dan Pasifik mengingat kekhawatiran tentang meningkatnya pengaruh China yang lebih tegas.

Prancis akan mengambil alih kepresidenan Uni Eropa, yang pada hari Kamis merilis strateginya untuk Indo-Pasifik, berjanji untuk mencari kesepakatan perdagangan dengan Taiwan dan mengerahkan lebih banyak kapal untuk menjaga rute laut tetap terbuka. (CNA)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US