• Nasional

Cegah Klaster Baru, Perlu Tes Corona Massal di Pasar Tradisional

| Sabtu, 09/05/2020 06:31 WIB
Cegah Klaster Baru, Perlu Tes  Corona Massal di Pasar Tradisional Suasana pasar tradisional

Beritakaltara.com - Guna mencegah munculnya klaster baru, perlu dilakukan tes massal di pasar tradisional. Usulan yang dilontarkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) ini juga untuk memastikan pergerakan ekonomi.

"Usulan dari Jawa Barat yaitu meminta dukungan dari Kementerian Perdagangan untuk melakukan pengetesan masif kepada para pedagang pasar, kepada para pelaku bisnis, sehingga dengan bebas Covid-19, pedagang bisa membuka usahanya atas izin pemerintah," kata Emil, Jumat (8/5/2020).

Mantan wali kota Bandung ini juga mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di pasar tradisional untuk disiplin menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu, potensi penyebaran Covid-19 di pasar tradisional bisa dikurangi.

"Kepada yang masih bergerak fisik, physical distancing itu penting. Tapi, juga menjamin bahwa tidak ada OTG (Orang Tanpa Gejala) yang menjadi penjual atau OTG yang menjadi pembeli. Maka tetap harus kita upayakan yang namanya pengetesan masif di area-area perdagangan," ucapnya.

Selain itu, Emil menyatakan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar akan melakukan tes swab metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di pasar tradisional dalam waktu dekat.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US