• Nasional

Indonesia-AS Sepakat Masalah Laut China Selatan Diselesaikan Dengan Diplomasi

Asrul | Selasa, 08/12/2020 06:10 WIB
Indonesia-AS Sepakat Masalah Laut China Selatan Diselesaikan Dengan Diplomasi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

beritakaltara.com - Penjabat Menhan AS Christopher C Miller dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sepakat permasalahan di Laut China Selatan diselesaikan melalui pendekatan diplomatis dan saling menghargai kedaulatan serta mengedepankan norma internasional.

Kesepakatan itu dihasilkan saat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima kunjungan kehormatan Penjabat Menteri Pertahanan Amerika Serikat Christopher C Miller di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta pada Senin.

Seperti dikutip keterangan resmi TNI, Miller dan Hadi Tjahjanto juga sepakat stabilitas kawasan Asia Tenggara sangat penting.

Dalam kunjungannya, Penjabat Menhan AS didampingi Duta Besar AS Sung Yong Kim dan Deputi Asisten Menhan AS untuk Wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara Reed Blanding Wener dan Kepala Staf Menhan AS Kashyap Pramod Patel.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengucapkan selamat atas pengangkatan Christopher C Miller sebagai Penjabat Menhan AS dan juga terselenggaranya pemilihan presiden AS.

Dia yakin dengan kepemimpinan dan pengalaman Miller yang luas, maka hubungan dan kerja sama antara kedua militer akan semakin meningkat.

Panglima TNI mengapresiasi kerja sama pertahanan antara kedua negara yang selama ini telah terjalin.

"Eratnya hubungan tersebut terbukti dengan rangkaian kunjungan pejabat Departemen Pertahanan dan Angkatan Bersenjata AS kepada Panglima TNI pada beberapa bulan terakhir," jelas Hadi pada Senin.

Penjabat Menhan AS dan Panglima TNI dalam pertemuan tersebut membicarakan berbagai kegiatan dan kerja sama yang telah berlangsung serta berbagai kemungkinan kerja sama di masa mendatang.

Kerja sama peningkatan profesionalisme prajurit kedua negara melalui pendidikan dan latihan serta peningkatan kemampuan melalui pengadaan alutsista akan dilanjutkan dan ditingkatkan.

Pelatihan dan peningkatan kemampuan CBRNE dan siber adalah bidang yang menjadi perhatian bersama. Demikian pula dengan kebutuhan TNI terkait alutsista mutakhir.

Kedua pejabat juga membahas kemungkinan keikutsertaan personel TNI dalam latihan bersama antara Marinir AS dan Angkatan Bersenjata Australia di Darwin.

"Latihan semacam itu tentunya akan sangat bermanfaat bagi semua pihak," pungkas Hadi.

Sebelumnya, Penjabat Menteri Pertahanan AS Christopher C Miller mengunjungi Indonesia untuk bertemu Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto pada Senin guna membahas kerja sama pertahanan, kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak.

Dahnil menambahkan keduanya melakukan pembicaraan tertutup terkait degan penguatan kerja sama pertahanan yang sudah disepakati selama ini.

"Menhan AS pagi tadi melakukan kunjungan kehormatan disambut dengan upacara jajar kehormatan," kata Dahnil kepada Anadolu Agency melalui pesan singkat pada Senin.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Pertahanan AS, Christopher C Miller berangkat pada 5 Desember lalu untuk melakukan kunjungan ke Indonesia, Filipina dan Markas Komando Indo-Pasifik Militer AS di Hawaii.

Di Indonesia dan Filipina, Miller akan bertemu dengan rekan sejabatnya dan sejumlah pejabat senior untuk membahas kerja sama pertahanan dan isu mengenai wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.(Anadolu Agency)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US