• Nasional

Laut China Selatan Kembali Memanas , Bakamla RI dan TNI AL Gelar Patroli

Asrul | Kamis, 15/10/2020 21:11 WIB
Laut China Selatan Kembali Memanas , Bakamla RI dan TNI AL Gelar Patroli Kapal Badan Keamanan Laut RI

Jakarta, beritakaltara.com - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Indonesia menggelar patroli di sekitar wilayah Perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau menyusul panasnya kembali situasi Laut China Selatan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Bakamla Kolonel Wisnu Pramandita mengatakan patroli tersebut dilakukan untuk menunjukkan kehadiran Indonesia.

Menurutnya, hal itu yang dilakukan Bakamla mengingat Indonesia tidak terlibat ketegangan antar-negara di wilayah ini karena garis batas wilayah Indonesia telah jelas.

Wisnu menambahkan Bakamla menyiagakan dua kapal di Perairan Natuna Utara dan satu pesawat pengamat maritim.

"Rencana [patroli] dilakukan sampai akhir tahun, sesuai dengan ketersediaan anggarannya," jelas Wisnu, dilansir dari Anadolu.

TNI AL dan Kementerian Kelautan dan Perikanan juga kata dia hadir di Natuna Utara.

Sementara itu, TNI Angkatan Laut mengirimkan 4 kapal untuk melakukan patroli rutin.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada I Letkol Laut (P) Fajar Tri Rohadi mengatakan 4 kapal tersebut yakni KRI Bung Tomo-357, KRI Slamet Riyadi-352, KRI Bontang-907, dan KRI Wiratno-379.

Meski demikian, Fajar menyebut berdasarkan pemantauan, hingga saat ini tidak ada kapal China ataupun Amerika Serikat di dekat wilayah Indonesia. "Sementara ini tidak ada," kata Fajar kepada Anadolu Agency pada Kamis.

 

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US