• Nasional

Gubernur Kalbar Larang Batik Air dan AirAsia Terbang ke Pontianak

Asrul | Sabtu, 26/12/2020 14:15 WIB
Gubernur Kalbar Larang Batik Air dan AirAsia Terbang ke Pontianak Pesawat Batik Air

Jakarta, Beritakaltara.com - Satgas Covid-19 Provinsi Kalimantan Barat memberikan sanksi larangan terbang bagi dua maskapai, Batik Air dan AirAsia.

Sanksi untuk Batik Air ini setelah Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja mengirim surat kepada pemerintah perihal larangan terbang bagi dua maskapai di rute Jakarta-Pontianak.

Menurut INACA, maskapai maupun pengelola bandara tidak memiliki tanggung jawab atas pemeriksaan calon penumpang terhadap status kesehatan dan Covid-19. INACA menegaskan seharusnya sanksi hanya dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan sebagai pemilik kewenangan.

"Petugas KKP di bawah Kemenkes yang memiliki tanggung jawab atas prosedur tersebut," katanya.

Di lain pihak, Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro belum bisa memberikan tanggapan terkait larangan tersebut.

Meski begitu, Batik Air sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan tertulis pasien terinfeksi Covid-19 ditemukan dalam penerbangan ID-6220 pada Senin (22/ 12) rute Jakarta - Pontianak melalui Bandar Udara Internasional Supadio di Kubu Raya, Kalimantan Barat (PNK).

Danang menyebutkan sesuai persyaratan perjalanan udara, para penumpang yang akan bepergian menggunakan pesawat udara telah menjalani pemeriksaan uji kesehatan di instansi kesehatan dan telah ditandatangani oleh medis. Dalam hal ini, Batik Air tidak melakukan uji kesehatan kepada setiap tamu.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji melarang maskapai penerbangan ke Pontianak selama sepuluh hari. Keputusan itu dilakukan setelah diketahui ada lima penumpang yang positif setelah menjalani tes usap secara acak.

Sanksi larangan terbang dimaksudkan untuk mencegah penularan virus corona di Kalimantan Barat. Larangan terbang itu juga hanya berlaku untuk rute Jakarta-Pontianak sedangkan penerbangan dari Pontianak tidak dilarang.

 

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US