• Nasional

Tuai Kritikan, Ini Alur Cerita Film Serangan Masjid di Selandia Baru!

Asrul | Jum'at, 11/06/2021 17:13 WIB
Tuai Kritikan, Ini Alur Cerita Film Serangan Masjid di Selandia Baru! Seorang petugas polisi berjaga di luar masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru, 22 Maret 2019. (Foto: Reuters/Jorge Silva)

Wellington, Beritakaltara.com - Rencana tentatif film yang menceritakan tanggapan Perdana Menteri Jacinda Ardern terhadap pembantaian pria bersenjata terhadap jamaah Muslim menuai kritik di Selandia Baru, Jumat (11/6). Dikritik lantaran tidak berfokus pada para korban serangan.

Outlet berita Hollywood, Deadline melaporkan, aktor Australia Rose Byrne akan berperan sebagai Ardern dalam film They Are Us, yang sedang dibeli oleh FilmNation Entertainment yang berbasis di New York kepada pembeli internasional.

Film tersebut akan mengambil setting beberapa hari setelah serangan tahun 2019 di mana 51 orang tewas di dua masjid Christchurch.

Deadline mengatakan, film itu akan mengikuti tanggapan Ardern terhadap serangan dan bagaimana orang-orang bersatu di belakang pesan belas kasih dan persatuannya, dan seruannya yang berhasil untuk melarang jenis senjata semi-otomatis paling mematikan.

Judul film tersebut berasal dari kata-kata yang diucapkan Ardern dalam pidato penting segera setelah serangan tersebut. Pada saat itu, Ardern dipuji di seluruh dunia atas tanggapannya.

Tetapi banyak orang di Selandia Baru yang meningkatkan kekhawatiran tentang rencana film tersebut.

Aya Al-Umari, yang kakak laki-lakinya Hussein terbunuh dalam serangan itu, menulis di Twitter hanya "Yeah nah", sebuah frasa Selandia Baru yang berarti "Tidak".

Abdigani Ali, juru bicara Asosiasi Muslim Canterbury, mengatakan komunitas itu mengakui kisah serangan yang perlu diceritakan "tetapi kami ingin memastikan bahwa itu dilakukan dalam masalah yang sesuai, otentik, dan sensitif".

Tina Ngata, seorang penulis dan advokat, lebih blak-blakan, men-tweet bahwa pembantaian umat Islam seharusnya tidak menjadi latar belakang film tentang "kekuatan wanita kulit putih. Ayo".

Kantor Ardern mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa perdana menteri dan pemerintahnya tidak terlibat dengan film tersebut.

Deadline melaporkan bahwa warga Selandia Baru Andrew Niccol akan menulis dan mengarahkan proyek tersebut dan bahwa naskah tersebut dikembangkan melalui konsultasi dengan beberapa anggota masjid yang terkena dampak tragedi tersebut.

Niccol mengatakan, film itu bukan tentang serangan tetapi lebih pada tanggapannya.

"Film ini membahas kemanusiaan kita bersama, itulah sebabnya saya pikir film ini akan berbicara kepada orang-orang di seluruh dunia. Ini adalah contoh bagaimana kita harus merespons ketika ada serangan terhadap sesama manusia."

Agen Byrne dan FilmNation tidak segera menanggapi permintaan komentar. Laporan itu mengatakan proyek itu akan difilmkan di Selandia Baru tetapi tidak mengatakan kapan.

Niccol dikenal karena menulis dan mengarahkan Gattaca dan menulis The Terminal dan The Truman Show, di mana ia dinominasikan untuk Oscar. Byrne dikenal karena perannya dalam Spy dan Bridesmaids. (AP)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US