• Nasional

Tingkatkan Inokulasi, Selandia Baru Beli Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech dari Spanyol

Asrul | Kamis, 09/09/2021 13:07 WIB
Tingkatkan Inokulasi, Selandia Baru Beli Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech dari Spanyol UE Tambah 300 Juta Dosis Baru Vaksin BioNTech/Pfizer

Wellington, Beritakaltara.com - Sekitar seperempat juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 yang dibeli dari Spanyol akan tiba di Selandia Baru minggu ini sebagai upaya untuk meningkatkan program inokulasi negara itu.

Dosis akan tiba di Auckland pada Jumat (10/9), kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern,menambah sekitar 1,8 juta dosis yang dikirim langsung dari Pfizer sepanjang September.

"Ini berarti kami tidak memiliki rencana untuk memperlambat peluncuran," kata Ardern pada konferensi pers, dikutip dari Reuters, Kamis (9/9).

Para pejabat telah mempercepat program vaksinasi nasional saat mereka memerangi wabah varian Delta yang mendorong Ardern untuk memerintahkan penguncian nasional cepat bulan lalu.

Sekitar 1,7 juta orang di kota terbesar Auckland tetap dalam penguncian tingkat 4 yang ketat tetapi pembatasan telah dilonggarkan di seluruh negeri.

Sekitar 31 persen dari 5,1 juta penduduk Selandia Baru telah divaksinasi lengkap, salah satu langkah paling lambat di antara negara-negara kaya dalam kelompok OECD.

Pejabat pada Kamis melaporkan 13 kasus baru COVID-19, semuanya di Auckland, menjadikan jumlah total kasus dalam wabah varian Delta terbaru menjadi 868.

Penguncian Ardern dan penutupan perbatasan internasional sejak Maret 2020 telah dikreditkan dengan mengekang COVID-19, sebagian besar membebaskan kegiatan sehari-hari bagi warga Selandia Baru.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US