• Nasional

DPR Usul Alih Fungsi Kapal TNI dan Pelni Jadi RS Darurat Covid-19

Asrul | Rabu, 07/07/2021 15:42 WIB
 DPR Usul Alih Fungsi Kapal TNI dan Pelni Jadi RS Darurat Covid-19 Puan Maharani, salah satu Ketua DPP PDI Perjuangan

Jakarta, beritakaltara.com - DPR RI meminta pemerintah melakukan langkah konkret pada masa darurat Covid-19, salah satunya mengalihfungsikan kapal TNI dan kapal milik BUMN Pelni.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan pengalihan fungsi kapal tersebut merupakan upaya terobosan yang harus dilakukan untuk pemerintah untuk memastikan masyarakat mendapatkan perawatan memadai.

“Yang dibutuhkan saat ini adalah rumah sakit darurat, penderita yang memiliki gejala sedang dan berat sudah tidak tahu mau ke mana lagi karena rumah sakit penuh,” kata Puan dalam pernyataan resminya pada Rabu.

Dia juga meminta pemerintah membangun rumah sakit lapangan ataupun bangunan lain yang bisa dialihfungsikan.

"Kita harus bertindak dalam ritme kerja kedaruratan,” jelas dia.

Berdasarkan monitoring dan pengawasan, kata Puan, penanganan pandemi Covid-19 di hulu memiliki sejumlah catatan yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi yakni ketersediaan ruang perawatan pasien, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan, pelaksanaan PPKM Darurat.

“Harus ada terobosan untuk solusinya, mobilisasi tabung oksigen dari seluruh Indonesia di luar Jawa dan Bali. Menambah kapasitas rawat dengan menggunakan kapal, hanggar, dan bangunan lainnya,” kata dia.

Terkait dengan beredarnya berita palsu dan hoaks juga harus menjadi perhatian pemerintah lantaran membuat panik masyarakat.

Politisi PDI Perjuangan itu mengapresiasi semua pihak yang bekerja sama menyukseskan PPKM Darurat demi menekan penyebaran Covid-19.

"Terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, TNI-Polri, masyarakat dan semua pemangku kepentingan yang sudah bekerja keras dan turut membantu keberhasilan pelaksanaan PPKM Darurat," pungkas Puan.(AA)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US