• Nasional

DPR Cemaskan APBN Bila Covid-19 Terus Meningkat

Asrul | Senin, 12/07/2021 11:09 WIB
DPR Cemaskan APBN Bila Covid-19 Terus Meningkat Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah

Beritakaltara.com - Badan Anggaran (Banggar) DPR mencemaskan kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bila kasus covid-19 terus meninggkat.

"Mencermati keadaan dunia dan dalam negeri kita akibat COVID-19 dengan tingkat uncertainty tinggi dan bila tidak terkelola dengan cukup baik, maka akan berdampak luas terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan kesehatan rakyat. Bila keadaan seperti ini berlangsung lama, maka akan berkonsekuensi mendalam terhadap APBN kita," ujar Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah dalam pernyataan di Jakarta, Senin (12/7/2021).

Said pun meminta pemerintah menyusun skenario terburuk bila kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak cukup efektif menekan tingkat positif COVID-19 harian.

Meski demikian ia mengakui skenario terburuk tersebut akan membutuhkan dukungan anggaran sangat besar. Oleh karenanya akan berkonsekuensi pada perubahan arah kebijakan dan sasaran dari postur APBN 2021 dan Rencana APBN 2022.

Sejauh ini, lanjut Said, skenario APBN pada 2021 dan 2022 adalah skenario pemulihan, baik dari sisi sosial, ekonomi, maupun kesehatan. Namun demikian, APBN belum memitigasi skenario gelombang demi gelombang dari pandemi yang berlangsung lebih lama.

"Minggu lalu saya telah menyarankan pemerintah untuk mulai melakukan refocusing anggaran. Akan tetapi melihat situasi dan potensi resiko yang ada, selain refocusing, pemerintah perlu melakukan kebijakan-kebijakan lebih jauh yang komprehensif," papar Said.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US