• Kalimantan Utara

Naiknya Harga Rumput Laut Jadi 30 Ribu Rupiah Buat Petani di Nunukan Bertambah

Asrul | Jum'at, 14/01/2022 20:40 WIB
Naiknya Harga Rumput Laut Jadi 30 Ribu Rupiah Buat Petani di Nunukan Bertambah Ilustrasi rumput laut

JAKARTA - Harga rumput laut di Nunukan terus merangkak naik sejak Desember 2021 lalu, kini capai Rp30 ribu per Kg di tingkat petani.

Dikutip dari tribunnews, Hal itu disampaikan oleh Ketua Asosiasi Pedagang Rumput Laut Nunukan Kamaruddin.

"Harga rumput laut di tingkat petani naik jadi Rp30 ribu. Kalau harga di tingkat pengepul beda-beda, tergantung tingkat kekeringannya. Kisaran Rp25-Rp30 ribu," kata Kamaruddin, Jumat (14/01/2022), sore.

Menurutnya, harga Rp30 ribu itu sesuai standar ekspor nasional yang tingkat kekeringannya 37:38.

"Kalau sudah 37:38 tingkat kekeringannya, barang sudah bisa diekspor. Untuk produksinya biasa saja. Kadang kurang subur juga," ucapnya.

Naiknya harga rumput laut membuat makin bertambahnya petani. Bahkan sebulan, kata Kamaruddin fondasi rumput laut bertambah ratusan.

Sementara itu, harga di tingkat pabetang (pengikat rumput laut) masih bertahan di harga Rp10 ribu per tali.

"Tingkat Pabetang sebagian sudah ada kenaikan. Karena ada perjanjian dari ketua kelompok Pabetang. Sebenarnya tergantung kelompoknya nego sama petani. Kadang memang ada alasan dari petani, rumputnya kurang subur gitu," ujarnya .

Dia menyampaikan naiknya harga rumput laut di Nunukan, lantaran produksi di tempat lain menurun. Sehingga banyak buyer yang melirik rumput laut Nunukan.

"Kita di Nunukan produksinya berkesinambungan. Tidak ada kemarau panjang. Terus kadang di tempat lain, produksinya bulan ini naik, ke depannya menurun. Selain itu, buyer-buyer mengenal produksi rumput laut Nunukan banyak, sehingga mereka fokus ke sini," tuturnya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US