• Ototekno

Acer Swift X 16 dengan Prosesor Seri AMD Ryzen 7040 dan GPU Seri NVIDIA GeForce RTX 40

Fadli | Selasa, 02/05/2023 12:01 WIB
Acer Swift X 16 dengan Prosesor Seri AMD Ryzen 7040 dan GPU Seri NVIDIA GeForce RTX 40 Ilustrasi Acer Swift X 16 dengan Prosesor Seri AMD Ryzen 7040 dan GPU Seri NVIDIA GeForce RTX 40

Jakarta - Setelah menggelar peluncuran produk awal Januari kemarin, Acer kembali adakan peluncuran next@acer 2023 menjelang akhir April ini. Dari sejumlah produk laptop yang diperkenalkan, Acer Swift X 16 hadir sebagai laptop yang pas untuk kreator, ditenagai prosesor AMD dan GPU NVIDIA RTX.

Swift X sendiri merupakan lini laptop Acer yang dirancang khusus kreator, dan Swift X 16 (SFX16-61G) juga dibuat untuk mendukung pembuatan konten berat. Mulai dari desain grafis, render visual 3D sampai render video sekalipun. Sesuai namanya, laptop ini hadir membawa layar lebar 16 inci.

Walaupun hadir dengan spesifikasi powerful, Acer Swift X 16 tetap tampil dalam profil yang ramping nan portabel. Dengan material premium, bobotnya kurang dari 2 kilogram, sementara tebalnya hanya 17,9mm. Engsel layar juga diperbarui, dan juga ditambah dengan slot ventilasi udara yang disembunyikan di bagian bawahnya, gunakan permukaan aluminium.

Sistem Pendingin Optimal dengan Ventilasi Khusus

Keunggulan Acer Swift X 16 tentu ada pada spesifikasi performanya. Menggandeng AMD, laptop ini hadir dengan opsi prosesor AMD Ryzen 9 7940H, membawa TDP 45W dan inti CPU sampai 8 core. Selain GPU AMD Radeon 780M yang terintegrasi, tentunya juga ada dedicated GPU tambahan yang pas untuk para konten kreator.

Performa grafis NVIDIA GeForce RTX 4050 hadir dengan dukungan ray tracing, AI dan AV1 video encoding, serta akses ke NVIDIA Studio Drivers yang bisa mengoptimalkan performa untuk aplikasi khusus kreator. Kombinasi CPU & GPU tersebut juga dipadukan dengan sistem pendingin yang optimal, termasuk kipas Acer TwinAir yang bisa hadirkan aliran udara 36% lebih banyak dan penambahan mode turbo.

Selain dari lubang angin yang terintegrasi, keyboard pada Acer Swift X 16 juga dirancang agar bisa membuang panas. Dengan begitu, suhu laptop tetap dingin agar proses streaming, game dan membuat konten bisa selalu lancar. Laptop ini juga mendukung RAM LPDDR5 sampai 16GB dan penyimpanan hingga 2TB SSD PCIe Gen 4.

Acer Swift X 16 Punya Layar OLED 120Hz

Yang tidak kalah penting untuk laptop kreator adalah layar yang akurat. Acer Swift X 16 membawa layar 16 inci dengan panel OLED beresolusi 3.2K. Layar tersebut sudah tersertifikasi VESA DisplayHDR TrueBlack 500, dan TUV Rheinland Eyesafe agar pandangan tetap nyaman dan mencegah iritasi mata. Gamut warna 100% DCI-P3 juga memastikan agar warna akurat.

Kecerahan hingga 500 nits membuat Acer Swift X 16 pas untuk penggunaan luar ruangan, dan refresh rate maksimum 120Hz juga pas untuk para gamer. Di depan layar, terdapat keyboard dengan touchpad yang dirancang 33% lebih besar—menjadi laptop Acer yang punya touchpad paling luas saat ini.

Fitur konektivitas pada Acer Swift X 16 juga sudah modern, lengkap dengan webcam FHD yang didukung Acer TNR dan mikrofon yang mendukung Acer PurifiedVoice—bisa meredam noise agar suara pada panggilan video tetap terdengar jelas. Laptop ini dilengkapi dua port USB-C, slot microSD, HDMI 2.1 dan dukungan jaringan Wi-Fi 6E. Plus, fitur Windows Hello melalui sensor sidik jari maupun Wake on Voice.

Untuk ketersediaannya, laptop kreator Acer satu ini bakal tersedia di sejumlah negara mulai Mei mendatang. Di China, harga Acer Swift X 16 dibanderol CNY7,999, atau sekitar Rp17 jutaan.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US