• Bisnis

Pertamina Kucurkan Bantuan Modal Rp100 Miliar untuk UMKM

| Sabtu, 09/05/2020 16:08 WIB
Pertamina Kucurkan Bantuan Modal Rp100 Miliar untuk UMKM Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati

Beritakaltara.com - PT Pertamina (Persero) luncurkan Program Kemitraan bekerjasama dengan Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) dengan menyalurkan modal usaha untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai Rp100 miliar.

Modal usaha tersebut akan disalurkan bagi UMKM di beberapa titik di Indonesia, mencakup provinsi Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan Barat.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan paket program kemitraan ini berupa penyaluran dana modal usaha, pendampingan bagi UMKM yang mencakup program pelatihan, mentoring dan coaching yang tahapannya dilaksanakan secara berjenjang dan akan dimonitor perkembangannya ke masing-masing mitra binaan untuk menilai efektifitasnya.

"Bersama ABDSI yang merupakan asosiasi bagi seluruh lembaga pendamping UMKM yang ada di Indonesia, pinjaman tersebut dilakukan secara bertahap," ujar Fajriyah dalam siaran pers, Sabtu (9/5/2020).

Adapun tahap pertama disalurkan kepada UMKM yang langsung mendapat keuntungan karena Covid-19. Tahap kedua adalah kepada UMKM yang siap bangkit disaat Covid-19 selesai dan tahap ketiga untuk sektor lainnya yang bisa berkembang pada situasi normal.

“Diharapkan dengan kerja sama Program Kemitraan bersama ABDSI ini, UMKM memiliki kesempatan kembali dalam meningkatkan usahanya dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berdaya di tengah pendami Covid-19 yang sedang melanda dunia,” kata Fajriyah.

Ketua Umum ABDSI Cahyadi Joko Sukmono menuturkan saat ini program pemberdayaan UMKM tidak bisa lagi dilakukan secara hit and run dalam penyaluran pinjaman modal bergulir atau hanya sekedar pelatihan saja tetapi harus ada pendampingan yang terukur.

"Kerjasama program kemitraan Pertamina dengan kami Asosiasi BDS Indonesia atau ABDSI akan melakukan pendampingan pada masa penyaluran, pemanfaatan dan pengembalian terhadap 1000 UMKM yang di 8 wilayah kerja Pertamina. Dengan pola ini diharapkan gerakan UMKM untuk naik kelas dapat diukur melalui hasil analisa indeks UMKM naik kelas yang dapat memberikan arahan pemberdayaan selanjutnya," ucapnya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US