• Kalimantan Utara

Kepala Puslatbang KMP-LAN Makassar Menilai Nunukan Penuh Inovasi

Rusman | Senin, 25/05/2020 13:05 WIB
Kepala Puslatbang KMP-LAN Makassar Menilai Nunukan Penuh Inovasi Ilustrasi

Beritakaltara.com- Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kepemimpinan Manajemen Pemerintahan – Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP-LAN) Makassar DR. Andi Taufik, MSi memuji Kabupaten Nunukan yang menurutnya penuh inovasi.

“Ibu Laura ini adalah salah satu narasumber kami di LAN terkait dengan inovasi, dan Kabupaten Nunukan adalah salah satu kabupaten yang cukup banyak melahirkan Inovasi dan masuk dalam Sinopadik, sehingga kita memilih Kabupaten Nunukan karena memang ada kepantasan,” ujar Andi Taufik saat menyampaikan sambutan pada acara mengantar 13 Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting, Kamis (25/06/2020).

Menurut Andi Taufik, kegiatan dalam bentuk kunjungan ke Nunukan yang semula direncanakan, pada akhirnya harus dibatalkan dikarenakan Pandemi Covid – 19 dan digantikan dengan visitasi secara Virtual.

Menerima kedatangan peserta Diklat PIM II tersebut, dari Ruang Vicon Lt. IV Kantor Bupati Nunukan, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid mengucapkan selamat datang kepada kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan KMP – LAN Makassar beserta segenap peserta diklat kepemimpinan tingkat II (dua) Angkatan VIII tahun 2020 ini.

Dalam pertemuan virtual ini, Bupati Nunukan yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Serfianus, Kepala BKPSDM Kaharuddin, Asisten Administrasi Umum H. Asmar, Kepala Bappeda Litbang Juni Mardiansyah, dan OPD terkait, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Puslatbang KMP – LAN Makassar yang telah mempercayakan Kabupaten Nunukan sebagai lokus kegiatan.

“Walaupun kunjungan ini dilakukan secara virtual semoga tidak mengurangi makna dan tujuan dari kegiatan ini untuk kita saling bersilaturahmi dan bersama – sama belajarserta mengenal lebih dekat tentang kabupaten Nunukan,” ujar Bupati Laura.

Lebih lanjut Bupati Laura memaparkan, luas wilayah Kabupaten Nunukan 14.247,5 kilometer persegi, jumlah penduduk saat ini telah mencapai 209.922 jiwa. Dengan luas wilayah tersebut hingga sekarang kabupaten Nunukan telah terbagi dalam 21 kecamatan yang penduduknya terkonsentrasi pada 3 titik, yaitu pulau Nunukan, pulau Sebatik, dan daratan Kalimantan yang disatukan dan dihubungkan oleh sungai, laut dan jalan darat maupun transportasi udara.

Dengan kondisi geografis wilayah yang terpencar – pencar, menurut Laura pemerintah daerah terus berupaya untuk menyelenggarakan pembangunan secara merata.

“Sebagai contoh beberapa kecamatan yang aksesnya tidak dapat terjangkau dengan transportasi darat, pemerintah daerah mensubsidinya dengan program SOA (subsidi ongkos angkut) orang dan barang guna menekan mahalnya biaya transportasi dan mahalnya harga kebutuhan bahan pokok, khususnya di wilayah krayan yang hanya bisadijangkau dengan transportasi udara dan kecamatan lumbis ogong yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi air,” ujar Laura.

Di bidang Kesehatan, Laura juga menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan di pedalaman pada tahun 2019 juga dilakukan inovasi pelayanan transportasi bagi pasien rujukan dengan ambulan udara yang melayani rujukan dari puskesmas di kecamatan Krayan ke RSUD ibukota Kabupaten Nunukan ataupun ke Tarakan.

“Untuk beberapa kecamatan yang aksesnya jauh dari ibukota kabupaten di pulau nunukan, pemerintah kabupaten nunukan juga mendorong peningkatan kualitas kesehatan dengan mendirikan rumah sakit – rumah sakit pratama di Krayan, Sebuku, dan Sebatik,” tambah Laura.

Menurut Laura berbagai inovasi dan terobosan ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang ada di masyarakat yang dalam perkembangannya memang masih banyak yang harus terus dibenahi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Seusai penerimaan oleh Bupati, acara dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Litbang Juni Mardiansyah dan Asisten Administrasi Umum Setda H. Asmar. #jon/Warta Humas

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US