• Nasional

Arab Keluarkan Aturan untuk Jamaah Haji Harus Ada Bukti Vaksinasi

Asrul | Selasa, 02/03/2021 22:07 WIB
Arab Keluarkan Aturan untuk Jamaah Haji Harus Ada Bukti Vaksinasi Umat Islam melaksanakan ibadah haji atau umrah di Kabah, Mekkah, Arab Saudi

Dubai, beritakaltara.com - Otoritas kesehatan Arab Saudi mengatakan bahwa jemaah  yang ingin menunaikan ibadah haji ke Mekkah harus terlebih dahulu menunjukkan bukti telah divaksinasi terhadap COVID-19.

Harian Arab Okaz melaporkan, Menteri Kesehatan Arab SaudiTawfiq Al-Rabiah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa menerima vaksin virus corona (COVID-19) akan menjadi prasyarat bagi para jemaah.

Al-Rabiah mengatakan pihak berwenang harus mempersiapkan tenaga yang sesuai di sektor kesehatan di Makkah dan Al-Madinah menjelang ibadah haji atau haji tahunan.

"Berdasarkan persiapan tersebut, divaksin COVID-19 menjadi prasyarat bagi mereka yang hendak menunaikan ibadah haji," kata Al-Rabiah.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi tidak merinci apakah ibadah haji tahun ini, yang akan dimulai pada 17 Juli malam, akan mengecualikan jemaah haji dari luar kerajaan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Tahun lalu, ibadah haji dibatasi hanya untuk 1.000 jamaah yang tinggal di Arab Saudi.

Arab Saudi sendiri telah memulai program vaksinasi COVID-19 pada 17 Desember. Vaksin produksi Moderna, Pfizer dan AstraZeneca disetujui untuk digunakan. (Arab News)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US