• Nasional

Menteri Vaksin Inggris Tolak klaim Dapat Vaksin yang Ditujukan untuk Negara Miskin

Asrul | Sabtu, 06/03/2021 14:37 WIB
Menteri Vaksin Inggris Tolak klaim Dapat Vaksin yang Ditujukan untuk Negara Miskin Seorang apoteker memegang botol berisi vaksin virus corona Pfizer-BioNTech (COVID-19) pada hari pembukaan pusat vaksinasi di Festhalle di Frankfurt, Jerman, Jerman 19 Januari 2021. (Foto: Die Welt)

London, beritakaltara.com - Menteri Vaksin Inggris, Nadhim Zahawi menolak klaim negaranya mendapatkan suntikan COVID-19 yang ditujukan untuk negara-negara miskin, bersikeras bahwa 10 juta dosis yang berasal dari India selalu dimaksudkan untuk didistribusikan di Inggris.

Zahawi, dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, mengkonfirmasi laporan bahwa Serum Institute of India, salah satu pembuat vaksin terbesar di dunia, akan mengirimkan dosis vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca ke Inggris.

Organisasi non-pemerintah seperti Medecins Sans Frontieres telah menyuarakan keprihatinan bahwa pengiriman dari Serum Institute akan mengurangi pasokan ke negara-negara berkembang. Zahawi menegaskan bukan itu masalahnya.

"Kami, tentu saja, meminta jaminan dari AstraZeneca dan dari Serum bahwa dosis kami tidak akan memengaruhi komitmen mereka terhadap negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di dunia, `` kata dia.

"Dan mereka membuat sekitar 300 juta dosis tersedia untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Anda telah melihat mereka tiba di Accra di Ghana, minggu lalu dan Filipina minggu ini dan Pantai Gading juga. Dan Anda akan melihat lebih banyak lagi dari volume itu yang juga keluar," sambung dia.

Inggris telah memberikan setidaknya satu dosis vaksin kepada sekitar 21 juta orang, lebih dari 30 persen populasi, dan berencana untuk menjangkau semua orang dewasa pada akhir Juli.

Dalam upaya untuk memvaksinasi sebanyak mungkin orang dengan cepat, pejabat kesehatan masyarakat telah merekomendasikan bahwa kebanyakan orang menerima dosis kedua setelah 12 minggu, daripada empat minggu yang semula diantisipasi.

Mereka mengatakan satu dosis menawarkan tingkat perlindungan yang tinggi, meskipun dua dosis diperlukan untuk mendapatkan manfaat penuh dari vaksinasi.

Karena semakin banyak orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan dosis kedua, laju pasien baru menerima suntikan pertama melambat.

Rata-rata sekitar 327.000 orang setiap hari menerima dosis pertama vaksin mereka dalam tujuh hari hingga 28 Februari, turun dari puncaknya sebanyak 441.000 tiga minggu sebelumnya.

Zahawi mengatakan pemerintah telah membangun jaringan situs vaksinasi yang mampu memenuhi permintaan yang meningkat, dan dia yakin dapat memenuhi target Juli untuk semua orang dewasa.

"Ini adalah infrastruktur penerapan yang sangat besar yang telah kami siapkan yang dapat diterapkan dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada yang telah kami alami hingga saat ini," ujar dia.

Dengan peluncuran program yang berhasil, Inggris dan negara-negara kaya lainnya berada di bawah tekanan untuk membagikan pasokan mereka dengan negara-negara miskin melalui mekanisme yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dikenal sebagai fasilitas COVAX.

Inggris telah memperoleh hak atas 457 juta dosis berbagai vaksin, lebih dari tiga kali jumlah total yang dibutuhkan untuk memvaksinasi sepenuhnya setiap orang di negara itu.

Perdana Menteri Inggris ,Boris Johnson telah berjanji untuk menyumbangkan dosis yang tidak diperlukan ke negara lain, tetapi dia belum menawarkan jadwal waktunya. "Sebagian besar akan ditawarkan melalui COVAX. Beberapa mungkin ditawarkan melalui hubungan bilateral juga," kata Zahawi. 

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US