• Kalimantan Utara

BKAD Launching Aplikasi Display Aset Daerah

Akhyar Zein | Sabtu, 30/10/2021 14:02 WIB
BKAD Launching Aplikasi Display Aset Daerah Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid saat memberikan sambutan (foto: Prokompim Setdakab Nunukan)

Beritakaltarat.com- Badan Keuangan Aset  Daerah (BKAD) Kabupaten Nunukan menggelar Launching Aplikasi Display Aset Daerah dalam penyajian data barang milik daerah pemerintah kabupaten Nunukan.

Kegiatan berlangsung di Ruang serba guna Lt. V Kantor Bupati Nunukan, Pada Jum`at (29/10) dihadiri oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah.

Barang Milik Daerah merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh karena itu pengelolaannya perlu dilakukan secara baik, tertib dan sistematis.   Hal yang paling mendasar dalam siklus pengelolaan barang milik daerah adalah penatausahaan yang terdiri dari kegiatan pembukuan, inventarisasi, dan pelaporan.

Dalam sambutannya, Laura berharap seluruh jajaran Pemerintah Daerah kabupaten Nunukan dapat bersinergi satu sama lain dan bersatu padu dalam upaya meningkatkan kinerja Pemerintah sesuai dengan beban tugas dan wewenangnya masing-masing.

"Meskipun saya menyadari bahwa di tengah berbagai keterbatasan kita, dimana kita senantiasa dihadapkan pada tuntutan pelayanan kepada masyarakat yang terus meningkat dari waktu ke waktu, namun saya yakin dan percaya bahwa dengan komunikasi dan koordinasi yang baik serta semangat kerja yang tinggi mudah-mudahan kita dapat mencapai hasil yang memuaskan," kata Laura.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Nunukan, R. Iwan Kurniawan juga memaparkan materi terkait penatausahaan BMD berupa aset tetap yang tercatat dalam neraca dilaksanakan melalui Aplikasi SIMDA BMD yang dikembangkan oleh BPKP RI.

Sedangkan untuk penatausahaan  BMD yang tidak tercatat dalam neraca seperti barang-barang untuk mendukung kegiatan operasional pemerintah dan barang-barang yang akan dijual dan/atau diserahkan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dilaksanakan melalui Aplikasi SIAPA (Sistem Aplikasi Barang Persediaan) yang dikembangkan oleh BKAD Kabupaten Nunukan.

"Namun demikian Aplikasi Display Aset BMD hanyalah merupakan suatu alat bantu, keakuratan data BMD terpulang pada input awal data dari masing masing SKPD, oleh karenanya dalam kesempatan ini kami mohon kepada seluruh SKPD baik Pengguna Barang maupun Pengurus Barang Pengguna untuk memberikan dukungan dalam hal  penatausahaan BMD.

Semoga dengan hadirnya aplikasi display aset daerah dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan pelayanan secara umum sebagai media informasi data barang milik Pemerintah Kabupaten Nunukan yang transparansi dan akuntabe," ungkap Iwan.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US